Kamis, 31 Mei 2018

DEFENISI DAN HUKUM ZAKAT LPYD TANJUNG PAUH MUDIK LIMA DESA

1.Defenisi Zakat
Menurut bahasa,zakat berarti pengembangan dan pensucian,harta berkembang melalui zakat,tanpa disadari.Disisi lain,mensucikan pelakunya dari dosa.Disebut Zakat didalam syari'at karena adanya pengertian etimologis.Yaitu,zakat dapat membersihkan pelakunya dari dosa dan menunjukkan kebenaran imannya.Adapaun caranya adalah dengan memberikan bagian harta yang telah mencapai hisab tahunan kepada fakir miskin dan lainnnya yang berhak untuk menerimanya.Zakat merupakan pelaksanaan rukun Islam yang ketiga.
Ibnu A'rabi mengatakan"Zakat diartikan sebagai nafkah,hak dan ma'af".
Syarat yang mengeluarkan zakat adalah berakal,baligh dan merdeka.Didalam ketentuan syari'at,zakat merupakan amalan yang pasti,dimana tidak membutuhkan argumentasi lagi.Perbedaan pendapat hanya terjadi pada beberapa dari furu'nya saja sedangkan hukum pokok wajibnya sudah jelas dan orang yang mengingkarinya disebut kafir.
2.Hukum Zakat
Zakat merupakan salah satu dari kewajiban dan rukun islam.Syariat hanya mewajibkan zakat pada harta-harta tertentu saja dan telah menerangkannya,secara rinci terhadap umatnya.Misalnya pada firman Allah swt yang artinya:
"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka" (Qs At-taubah:103)
Juga Firman nya"Tunaikan Zakat"(Qs Al-Baqarah)."

Gambar Filosofi Zakat


3.Hukum orang yang enggan mengeluarkan zakat
Enggan mengeluarkan zakat karena tidak mengakui kewajiban tersebut maka ia telah berlaku kafir.Sedangkan bagi yang enggan mengeluarkannya disebut bakhil,dengan tetap mengakui hukum wajibnya,maka ia berdosa.Dalam hal ini boleh dilakukan pemaksaan terhadapnya dengan memberikan hukuman Ta'zir.
Imam Malik mengatakan;Menurut kami,setiap orang menentang salah satu dari kewajiban yang telah ditentukan Allah kemudian kaum muslimin tidak mampu menghadapinya,maka mereka harus berusaha keras untuk menentangnya,sehingga mereka dapat mengalahkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiga pembalap tercepat TDS(tour de singkarak)2019 Kerinci

Kerinci ,Pembalap tercepat TDS fokus untuk mempertahankan jersey tersebut. Bagaimanapun jenis dakian tanjakan, saya akan berupaya sem...