Minggu, 20 Mei 2018

RAJO DIMUKO SIAH RAO SAKTAI KERINCI

Pada zaman dahulu diceritakan tentang seorang anak manusia yang memiliki kedijakyaan tinggi yang dan hidup disebuah perbukitan yang berada di Kota Kerinci.Suatu hari Siah Rao ditangi oleh para penyamun-penyamun dari selatan yang menghancurkan tanaman jenis ubi kayu milik Siah Rao,Siah Rao pada waktu itu tidak berada ditempat tetsebut,dan masyarakat disekitar itu menggadukan pada Siah Rao, dan mengatakan bahwa tanaman yang ditanam Siah Rao telah dimusnahkan atau di hancurkan oleh penyamun dari selatan yang jumlah anggotanya berjumlah dua puluh lima orang, Siah Rao mulai mempercepat makannya,mendengar berita yang tak sedap dari penduduk setempat.Lalu Siah Rao bergegas cepat menuju pada para penyamun dihutan tengah,dengan kedijakyaan yang dimilikinya Siah Rao dengan sikap menemui mereka para penyamun.

Siah Rao berujar buat apa kiranya para kisanak mencari saya?
Dan apa urusan saya dengan kisanak?
Siah Rao bertanya dengan lantang kepada para penyamun yang begis dari  selatan tersebut.Para penyamun bukan menjawab dengan sopan bahkan Siah Rao ditertawakan,
Penyamun berkata pada Siah Rao wahai kisanak kenapa kisanak datang kemari hanya sendiri,apakah kisanak sudah bosan hidup?
                       
Siah Rao menjawab : ini bumi saya tempat saya berpijak,berapapun jumlah kisanak yang datang dari selatan saya ujar Siah Rao tidak pernah ciut oleh jumlah kisanak yang banyak.
Akhirnya perkelahian pun terjadi dua puluh lima penyamun yang melawan Siah Rao tewas,dan tak satupun yang di pulangkan keselatan.
Sungguh Siah Rao seorang manusia yang memilik ilmu tinggi walaupun tinggi ilmu yang ia miliki Siah Rao selalu rendah hati.

"Siah Rao" Hiduplah seperti alam yang membentang,yang bisa bermanfaat untuk manusia sekitar,olah lah apa yang bisa diolah dari alam.
Ilmu kedijakyaan yang dimiliki hanya lah titipan Tuhan untuk membela kebenaran yang sesuai dengan naluri alam.
Kisah merupakan salah satu sejarah yang memiliki nilai bagi para pecinta alam sejarah itu sendiri,dengan menguasai dan megkaji dengan konsepsional sesuiai dengan nilai-nilai yang terteta,bukan saja melalui orientasi bahkan sampai pada sebuh narasi dalam penulisan cerita,Sia Rao merupakan sejarah dari alam Kerinci yang sangat bernilai,baik dari nilai-nilai maupun dari norma-norma sejarah  tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiga pembalap tercepat TDS(tour de singkarak)2019 Kerinci

Kerinci ,Pembalap tercepat TDS fokus untuk mempertahankan jersey tersebut. Bagaimanapun jenis dakian tanjakan, saya akan berupaya sem...