Langsung ke konten utama

NIKAH

1. Pengertian Nikah
Menurut Bahasa,Nikah berarti pernyatuan,diartikan juga sebagai akad. Selain itu juga yang mengartikannya dengan percampuran.Al-Fara' mengatakan:
An-Nukh adalah sebutan untuk kemaluan.Disebut juga sebagai akad,karena ia juga sebagai penyebab terjadinya kesepakatan itu sendiri.

Sedangkan Al-Azhari mengatakan akar nikah dalam ungkapan bahasa arab berarti hubungan badan. Dikatakan pula,bahwa perpasangan itu juga merupakan salah satu makna nikah,karena ia menjadi penyebab adanya hubungan badan.Sementara itu,Al-farasi mengatakan: Jika mereka mengatakan,bahwa sifulan atau anaknya fulan menikah,maka yang dimaksud adalah mengadakan akad.
Akan tetapi,jika dikatakan,bahwa ia menikahi istrinya,maka yang dimaksud ialah hubungan badan.
Adapun menurut syari'at,nikah juga berarti akad,sedangkan pengertian hubungan badan itu hanya merupakan metafora saja. Hujjah(Argumentasi)atas pendapat ini adalah banyaknya pengertian nikah didalam Alqur'an maupun Al-Hadist sebagai akad. Bahkan dikatakan,bahwa nikah itu tidak disebutkan dalam Alqur'an melainkan diartikan dengan akad.Sebagaimana Firmannya"Sehingga ia menikah dengan laki-laki lain"yang tidak dimaksudkan sebagai hubungan badan.Karena,syarat hubungan badan yang membolehkan rujuknya seorang suami yang telah menceraikan istrinya hanya diterangkan dalam sunnah Rasulallah saw.Dengan demikian,maka firman Allah diatas,sehinggga ia menjalin pertalian atau akad.Dengan pemahaman lain,bahwa akad tersebut,maka akan menjadi boleh apa yang telah dilarang.
Rasulallah saw sendiri menerangkan,bahwa pada kenyataannya nikah itu hanya sekedar akad.Akan tetapi,lebih dari itu,setelah pelaksanaan akad si pengantin merasakan nikmatnya akad tersebut.Sebagaimana dimungkinkan terjadinya proses perceraian setelah di nyatakan akad tersebut.
Abu Hasan bin Faris mengatakan:
Nikah tidak diaebutkan dalam Alqur'an melainkan dengan pengertian kawin.
Seperti Firman Allah swt"Ujilah anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk kawin"(An-nisa :6).
Yang dimaksud oleh ayat tersebut adalah ilmu,demikian menurut Ibnu Hajar.Sedangkan menurut ulama Syafi'iyah,pada hakekatnya nikah itu berarti hubungan badan yang syah dan akad yang syah yang dilakukan sebagai metafora.
Ibnu Hajar menambahkan:"Demikian itulah menurut pandangan saya tepat,meskipun lebih banyak dipergunakan dalam arti akad.
Sebagian Ulama laiinnya mentarjih pendapat yang pertama,yaitu pengertian jima' merupakan kinayah yang mengarah pada pengertian yang kurang disenangi(tabu),sehingga cenderung dihindari penggunaannya,kesimpulannya,nikah pada dasarnya berarti akad.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…