Jumat, 18 Mei 2018

PENGALAMAN ABSTRAK DAN KONGKRIT

Seorang Pak petani mengetahui nama pohon di depan rumahnya pohon durian ada di halaman rumahnya, Setiap hari Pak petani pergi kesawah, ladang, dengan teman sebayanya. Dimana-mana Pak petani melihat berbagai macam jenis pohon, walaupun jenis pohon yang di lihatnya  tidak sama persis dengan pohon durian, tetapi teman sebaya nya menamakan pohon.
Karena itu lah pengalaman lambat laun ia mengetahui bahwa jenis pohon itu bermacam-macam, ada yang besar, ada yang kecil, ada yang bercabang ada yang tidak, ada yang berdaun ganda dan yang berdaun tunggal, ada yang tegak dan ada yang merambat dan sebagainya, kesemuanya itu adalah pohon dan yang bukan pohon timbul lah pengalaman pada Pak petani itu pengalaman kongkrit.

Abstrak ada yang berupa benda-benda dan ada yang berupa sifat,tetapi pada umumnya berupa sifat itu sendiri kebanyakan bukan benda,sebagian besar terdiri dari perkataan yang berlainan arti.

Yang disebut pengertian pengalaman abstrak antara lain perbuatannya harus di lakukan berulang-rulang sehingga menjadi kebiasaan,berbuat tidak mendapat tekanan dan lain sebagainya.
Pengalaman yang bersifat abstrak dan kongkrit harus memiliki dan mengandung ciri-ciri hakiki tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...