Selasa, 22 Mei 2018

PERKEMBANGAN BUDAYA ISLAM DI ALAM KERINCl

Masuknya islam kekerinci membawa dampak yang negatif yang membawa nilai baru dan melenyapkan tradisi lama secara perlahan-lahan,agama islam juga merobah corak masyarakat yang animisme maupun dinamisme.
Islam masuk ke Kerinci pada tahun 600-700M terdapat pada ornamen di Masjid Agung Pondok Tinggi,penyebaran islam di Kerinci yang sangat berperan besar ialah"Siah Lengis"seorang Ulama besar Pondok Tinggi Sungai Penuh,berkat penyebaran dan pengaruh islam kebudayaan hindu mulai lenyap.Penyebaran Islam pada masyarakat Kerinci pada masa itu memberi warna atau cora tersendiri bagi masyarakat Kerinci.
Perkembangan islam pada masa itu dimulai dari arah Selatan yaitu Tanjung Pauh,Lolo Gedang,dan Lempur Jauh dan disebelah Timur Koto Petai dan Ujung Pasir.
Agama islam salah satu ajaran MOTOISME yang mengajarkan Allah Azza wajalla itu Tunggal, sebagaimana didalam ayat Qs Al-Ikhlas ayat satu yang artinya:"Katakanlah Tuhan Itu Satu",budaya dan perkembangan islam di Kerinci begitu pesat dengan agama dan budaya tauhid(Bahwa Tuhan itu satu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...