Langsung ke konten utama

SEJARAH RINGKAS KOTA MEKAH

1. SEJARAH RINGKAS

a. Kota Mekah

Mekah pada zaman kuno terletak di garis lalu lintas perdagangan antara Yaman(Arabia Selatan) dam Syam dekat lautan tengah. Kedua negara ini zaman dahulu telah mencapai peradaban yang tinggi dan dihubungkan,oleh beberapa negeri-negeri kecil anatara lain Mekah. Dipandang dari segala geografis, kota Mekah hampir terletak ditengah-tengah jazirah Arabia. Oleh karena kabilah-kabilah Arab dari segala penjuru tidaklah terlalu sulit mencapai Mekah, seperti halnya juga penduduk kota Mekah,tidak teramat sukar mereka bepergian ke negeri tetangga nya Syam, Hirah, dan Yaman.Tidaklah mengherankan, bilamana, semangat dangang berkembang dikalangan penduduk Mekah.

Dalam kota-kota Mekah itu terdapat rumah suci Baitullah atau Ka'bah.Bangasa Arab pada umumnya memuliakan tempat suci ini.Pembangunan Baitullah ini menurut sejarah islam a.s
Ismail a.s.Kemudian kawin dengan penduduk Mekah dari suku Jurhum yang berasal dari Yaman dan terus menetap di kota ini turun temurun.Keturunan Nabi Ismail dan disebut Banu Ismail atau adnaniyun.
Pada waktu bendungan besar di  Ma'rib di Arabia Selatan pecah dan menimbulkan petaka yang besar bagi penduduknya, maka kabilah-kabilah Arab berbondong-bondong meninggalkan daerahnya menuju kearah Utara. Diantara merela satu rombongan yang di pimpin oleh Haris bin Amir yang bergelar Khuza'ah berpindah menuju Mekah, mereka berhasil mengalahkan penduduk Mekah(Suku Jurhum) dan seterusnya memjadi penguasa atas negeri ini turun-temurun.Dalam masa pemerintahan Khuza'ah lah Banu Ismail berkembang biak dan dengan berangsur-rangsur mereka meninggalkan negeri ini dan bertebaran ke pelosok-pelosok Jazirah Arab.Hanya yang tinggal di kota ini dari Banu Ismail ialah suku Quraisy.Mereka sama sekali tak punya kekuasaan atas Mekah ini dan juga atas Ka'bah.
Kira-kira abad ke 5 M, seorang pemimpin kabilah Quraisy yang bernama Qhusai telah berhasil merebut kekuasaan kota Mekah dari Banu Khuza'ah, setelah beberapa lama nya mereka mengusai kota Mekah. Dengan demikian Qushai menjadi pemimpin agama dan pemerintahan kota Mekah.
Kekuasaannya direbut meliputi bidang keagamaan dan pemerintahan.
Dibidang pemerintah Qushai meletakkan dasar-dasar demokrasi. Dia membagi-bagi kekuasaan dan pemimpin Quraisy. Untuk tempat bermusyawarah pemimpin itu dibangunkannya balai permusyawaratan yang mereka namakan "Daarunnadwah". Ditempat ini mereka bermusyawarah memecahkan segala persoalan di masyarakat. Ketua dari balai ini adalah Qushai sendiri.Kekuasaan dan kepemimpinan Qushai atas kota Mekah mendapat dukungan dari kabilah-kabilah Arab.
Pada masa-masa selanjutnya, nampaklah pertumbuhan kota Mekah dengan organisasinya yang sederhana itu, lebih-lebih sesudah kerajaan Himyariah di Arabia Selatan mulai runtuh kira-kira pada permulaan abad ke 6 M. Kesadaran kota harus diutamakan dari kepentingan suku sendiri,sudah pula tumbuh pada penduduk Mekah.
Selain daripada itu mereka berkepentingan menjaga ketentramab penduduk Mekah.Setiap tahun pada bulan-bulan haji bangsa Arab dari segela penjuru datang ke Mekah menjalankan kewajiban agama.


Dalam kota-kota Mekah itu terdapat rumah suci Baitullah atau Ka'bah.Bangasa Arab pada umumnya memuliakan tempat suci ini.Pembangunan Baitullah ini menurut sejarah islam a.s
Ismail a.s.Kemudian kawin dengan penduduk Mekah dari suku Jurhum yang berasal dari Yaman dan terus menetap di kota ini turun temurun.Keturunan Nabi Ismail dan disebut Banu Ismail atau adnaniyun.
Pada waktu bendungan besar di  Ma'rib di Arabia Selatan pecah dan menimbulkan petaka yang besar bagi penduduknya, maka kabilah-kabilah Arab berbondong-bondong meninggalkan daerahnya menuju kearah Utara. Diantara merela satu rombongan yang di pimpin oleh Haris bin Amir yang bergelar Khuza'ah berpindah menuju Mekah, mereka berhasil mengalahkan penduduk Mekah(Suku Jurhum) dan seterusnya memjadi penguasa atas negeri ini turun-temurun.Dalam masa pemerintahan Khuza'ah lah Banu Ismail berkembang biak dan dengan berangsur-rangsur mereka meninggalkan negeri ini dan bertebaran ke pelosok-pelosok Jazirah Arab.Hanya yang tinggal di kota ini dari Banu Ismail ialah suku Quraisy.Mereka sama sekali tak punya kekuasaan atas Mekah ini dan juga atas Ka'bah.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…