Jumat, 18 Mei 2018

TAUBAT

Syarat-syarat taubat yang mengugurkan dosa :
1. Menyesal terhadap perbuatan dosa yang telah dilakukan.
2. Niat sungguh-sungguh tidak akan mengulangi,dan langsung menghentikannya.
3. Membaca Istiqfar dengan lidahnya dan benar minta ampun dalam hatinya.

Jika dosa itu berupa aniaya terhadap orang harus dikembalikan atau menggantikannya, jika hak Allah maka segera diselesaikan atau di qhado.
Taubat yang tulus itu menyesal atas perbuatan dosa yang dilakukan, lalu minta ampun, kemudian berjanji tidak mengulangi perbuatan dosa itu untuk selama.(Ibnu Abi Hatim dan Ibnu Mardawaih).
Menyesal itu berarti taubat dan orang yang bertaubat dari suatu dosa bagaikan orang yang tidak berbuat dosa,tetapi masih juga ia mengulangi perbuatan dosa nya sama juga dengan mempermainkan Tuhannya.(Attabrani dan Abu Naim).

Ibnu Umar r.a. berkata bersabda Rasulallah saw  yang artinya :
Sesungguhnya Allah Azza wajalla tetap menerima taubat seorang hamba selagi ia belum naza' akan mati(sebelum ruh sampai di tenggorokan).(HR. Artirmidzi).
Firman Allah Azza wajalla di dalam Alqur'an :
Hai orang-orang yang beriman bertobatlah kepada Allah dengan taubat yang setulus hati,semoga Tuhanmu menghapus dosa-dosamu dan memasukkanmu kedalam sorga yang mengalir di bawahnya beberapa sungai (Qs.At-Tahrim : 8).
 Firman Allah Azza wajalla :
Dan siapa yang berbuat kejahatan atau aniaya diri sendiri,kemudian mohon ampun pada Allah,niscaya ia akan mendapati, Allah maha pengampun lagi Maha penyayang(Qs. Annisa : 110).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prohibited from applying for the woman proposed

FOR HIBITION OF APPLYING MUSLIM WOMEN WHO ARE APPLYED  A Muslim is not permitted to propose a woman who has been proposed by his fell...