Sabtu, 30 Juni 2018

ASAL MULA DANAU DARAH




Berada diujung Sumatra bagian selatan dengan kondisi alam berbukit yang dikelilingi jajaran bukit barisan,Seolah menjadi pelindung bagi penulis ketika menyelusuri kota Pagar Alam.Berudara sejuk dengan kondisi tanah yang subur dan masyarakat setempat memamfaatkan perkebunan menjadikan kota Pagar Alam sebagai sarana agrobisnis,sehingga kota Pagar Alam menasbihkan diri sebagai kota bunga.Bukit Raje Mendare merupakan kawasan candi peninggalan bersejarah kerajaan Sriwijaya yang dipimpin oleh Aditya Waraman,dikawan ini banyak ditemukan bekas-bekas candi.
Rimba Candi adalah nama sebuah desa yang terletak didataran Bukit Raje Mandare,dibarat daya kota Pagar Alam berjarak 22 km dari pusat kota.
Keberadaan Rimba Candi terkait tentang Kyai Subroto.Konon menurut cerita rakyat setempat masuk kepagar alam melalui Provinsi Bengkulu dan menyebarkan ajaran Islam pada masa itu.Dimasa itu masyarakat Basemah belum memeluk islam,rombongan Kyai Subroto ditolak mentah-mentah oleh masyarakat kerajaan.Maka terjadilah pertempuran,dikarenakan pasukan kerajaan lebih banyak pasukan Kyai Subroto gugur sebagi syahid dan kuburkan dibawah kerajaan.
Sehingga konon munculnya danau darah ada terkait dengan erat dengan pemakaman para syahid pasukan daei Kyai Subroto dibukit Raja Mandare.

Dan keunikan suatu tempat merupakan modal utama,menjadikan suatu daerah sebagai destinasi wisata dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerpen|Diungkap dari kisah nyata, Wisuda di balik jeruji penjara

DI UNGKAP DARI KISAH NYATA| TOGA WISUDA DI BALIK JERUJI PENJARA Malam tak terasa telah menyelimuti tubuh G,angin malam mulai menyeka p...