Jumat, 08 Juni 2018

KIAT-KIAT MENJAGA IMAN

A.Mensyukuri nikmat Ilahi
Diantara sekian banyak perintah Alllah anugerahkan kepada kita.Kenikmatan yang Allah berikan A.Mensyukuri nikmat Ilahi
Diantara sekian banyak perintah Alllah yang harus kita jalankan ialah mensyukuri nikmat yang Allah anugerahkan  kepada kita.
Kenikmatan yang Allah berikan kepada manusia ada yang hanya dapat dirasakan didunia saja  dan ada pula yang dapat dirasakan mulai dunia samapai akhirat.Kenikmatan terakhir itulah iman.
Setiap manusia oleh Allah telah diberikan karunia iman.dan dijelaskan oleh Allah dalam Alqur'an Qs.Al-A'raaf: 172.
"Dan (ingatlah)ketika Allah mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian dari jiwa mereka (seraya berfirman)" Bukankah aku ini Tuhanmu?"Mereka menjawab"Betul (EngakauTuhan kami),kami menjadi saksi.
Kita yakin seyakin-yakinnya bahwa imanlah yang dapat mengangkat derajat kita,Firman Allah dalam Al-qur'an Qs.Al-Imran:139):
"Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah pula kamu bersedih hati,padahal kamu yang paling tinggi(derajatnya)jika kamu orang-orang yang beriman.
Iman juga membedakan antara orang mukmin dan kafir,Allah swt dengan tegas menerangkan dalam Al-qur'an Qs Al-Kahfi:29;
"Maka siapa yang ingin (beriman),hendaklah ia beriman dan barangsiapa yang ingin (Kafir)biarlah ia kafir.
Dan dengan demikian kita mendapat sanjungan dari Allah swt dengan gelar khairu ummah(sebaik-baiknya umat),Firman Allah dalam Al-qur'an Qs. Al-Imran:110;
" Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan bagi manusia,menyeru kepada yang benar dan melarang dari yang buruk,dan kamu beriman kepada Allah.
Lebih itu imanlah yang sanggup menahan diri kita dari panasnya api neraka,Allah menegaskan:
"Dan peliharalah dirimu dari api neraka yang disediakan untuk orang-orang kafir(tidak beriman).(Qs.Ali-Imran:131).

Faktor-faktor penguat penyubur iman.
Iman ibarat sebuah benih pada tanaman,benih yang baik agar tumbuh  dengan baik serta berbuah dengan baij dan sangat ditentukan oleh beberapa faktor.Faktor yang menentukan agar benih pada tanaman itu dapat tumbuh dengan baik,antaranya:

1.Tanah yang subur
Benih yang baik agar tumbuh dengan baik harus ditanam ditanah yang subur.Keluarga muslim merupakan tanah yang subur bagi tumbuhnya iman,hampir dapat dipastikan dari keluarga muslimah anak itu akan menjadi muslim juga.
Rasulallah s.a.w bersabda:
" Setiap anak dilahirkan dalam keadan fitrah(suci),sehingga jelas bicaranya,maka kedua orang tuanya lah yang menyebabkan anak-anak menjadi Yahudi,Nasrani dan Majusi.(HR.Abu Ya'la,At-Thabrani dan Al-Baihaqi).
2.Pupuk
Bagaimana subur tanah,mendapat siraman air dan sinar matahari yang cukup memadai,tanaman itu tidak dapat menyamai kesuburan tanaman yang mendapat pupuk,Suatu hla yang penting dalam hal pemeliharaan iman adalah ibadah yang menjadi pupuknya,tepat sekali firman Allah yang tercantum dalam Al-qur'an:
"Dan beribadahlah kepada Tuhanmu sampai ajal datang menjemputmu(Qs.Al-Hijjr :99).
Memelihara iman modal pokok untuk mencapai kebahagian dunia dan akhirat,dan berbahagialah orang yang mampu memelihara imannya,sehingga semakin lama imannya senakin bertambah kokoh,Karena mereka mendapat penghargaan dari Allah Azza wa jalla disurga Jannatun na'im.
Semoga kita termasuk orang yang akan mengenyam kebahagian didunia dan akhirat,Amiin,dengan konteks-konteks menjaga kiat-kiat keimanan dalam jiwa kita baik(jasmani dan ruhani).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...