Sabtu, 02 Juni 2018

MALAM LAILATUL QADAR

Lailatul Qadar merupakan malam yang mulia,penuh berkah dan keutamaan.Sebagaimana difirmankan oleh Allah subhana wata'ala:
"Sesungguhnya kami telah menurunkan (Alqur'an)pada malam kemuliaan.Tahukah kamu malam kemulyaan itu lebih baik daripada seribu bulan" (A-Qadr 1-3),
Artinya,amal perbuatan pada malam ini lebih baik daripada amalan seribu bulan yang dikerjakan tidak pada malam Lailatul Qadar.
Waktu malam Lailatul Qadar adalah sepuluh malam yang terakhir dari bulan Ramadhan.Hal ini didasarkan pada hasits dari Rasulallah Salallah Alaihi Wasallam,dimana beliu bersabda:"Lailatul Qadar itu berada pada sepuluh malam yang terakhir dari bulan Ramadhan(HR.Ahmad,Bukhari dan Daud)
Tepatnya,pada malam-malam ganjil dari bulan tersebut,yaitu malam 21,23,25,27,dan 29.
Hendaklah kita sebagai orang Islam beriman mencarinya pada sepuluh malam yang terakhir dari bulan Ramadhan secara keseluruhan,sebagaimana sabda Rasulalalah alaihi wa sallam"Carilah (Lailatul Qadar)pada sepuluh malam yang terakhir dari bulan Ramadhan'(Mutafakun Alaih).
Lailatul Qadar ini sering sekali jatuh pada malam ke 27,sebagaimana Ubay bin Ka'ab r.a pernah bersumpah:Bahwa Lailatul Qadar jatuh kepada malam yang ke 27.Lalu ditanyakan kepada:"Dengan apa engkau mengetahui hal itu?Ubay menjawab:Aku mengetahui tanda-tanda yang diberikan oleh Rasulallah saw,bahwa mataharibakan terbit pada pagi harinya seperti bejana tembaga yang tidak memancarkan sinarnya(HR.Ahmad,Muslim,Abu Dawud  dan Tirmidzi).
Disamping itu juga diriwayatkan,bahawa Lailarul Qadar itu adalah malam yang sangat terang dan penuh cahaya."Yaitu malam yang tenang dan tidak memabcarkan panas yang tidak menyengat dan tidak juga dingin(menggigil),dimana Allah swt telah menyingkapkannya bagi sebagian orang didalam tidurnya.Allah Azza wa Jalla juga telah membuka hati manusia atas berbagai pandangan yang memperlihatkan kepadanya akan Lailatul Qadar yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Get to know women who are to be proposed in Islam

 KNOWING WOMEN   WHICH WILL BE HUNGER   BEFORE MARRIAGE.   Application is the first step of a marriage. This has been prescribed b...