Sabtu, 30 Juni 2018

MISTERI DANAU KACO DAN ASAL MULANYA




Danau Kaco memiliki kedalaman air yang tidak terukur,akan tetapi Danau Kaco bisa nampak jelas terlihat.Dikarenakan warna airnya yang bening serta jernih,ribuan ikan semah berkembang biak dengan baik didalam dasar danau tersebut.
Beberapa warga dan pengunjung menuturkan tentang Danau Kaco,Ikan di kedalaman danau hanya bisa ditangkap dengan menggunakan kail atau pancing.
Jika dengan menggunakan perlatan yang lain jangan kita pernah berharap untuk bisa mendapatkan ikan yang ada di danau ini.Dan konon ceritanya pernah salah satu dari warga setempat memasang jaring dengan berharap mendapat ikan yang banyak dari Danau Kaco namun malah sebaliknya hasil yang ia dapatkan nihil.Dan jika kita berkemah di Danau Kaco ini,apatah lagi pada malam 15 purnama,maka kita akan dapat menyaksikan penerangan yang memancarkan cahaya alami dari dasar danau.Cahaya yang dipancarkan begitu sangat terang dan jika terlihat dari kejahuan cahayanya terlihat seperti lampu.Menurut warga setempat cahaya yang dikeluarkan berupa intan yang tersimpan dari dasar danau.Konon ceritanya intan tersebut disimpan oleh Rajo Gagak yang bernama SuthanKetimbuk(Ninek Ketimbuk) yang berkuasa pada zaman itu.
Menurut penuturan dari salah satu tetuah adat desa,intan yang disimpan oleh Rajo Gagak(Ninek Ketimbuk)didasar danau merupakan titipan yang merupakab ikatan janji pangeran-pangeran yang melamar putri Rajo Gagak(Ninek Ketimbuk)yang bernama Putri Napal Melintang.
Semua lamaran untuk anaknya Putri Napal Melintang diterima oleh Rajo Gagak(Ninek Ketimbuk),Rajo Gagak(Ninek Ketimbuk)memikirkan lamaran Pangeran yang mana yang harus diterima.Akhirnya Rajo Gagak(Ninek Ketimbuk)karena terlalu sayang pada putrinya memilih menghindar kehutan bersama Putrinya Putri Napal Melintang.Tabiat Putri Napal Melintang sangatlah pendiam dengan kecantikannya yang sangat luar biasa,menngikuti titah ayahnya menghindar kehutan pada masa itu.
Raji Gagak(Ninek Ketimbuk)membawa seluruh emas dan intan dari lamaran putrinya dan memendamkan emas dan intan tersebut  didasar danau,dan memberi nama danau tersebut dengan Danau Kaco dan danau tersebut terpopuler di mata dunia,suatu tempat wisata yang memiliki corak yang sangat indah dengan panorama yang menakjubkan.Untuk sampai ke Danau Kaco,Pengunjung harus berjalan kaki selama empat jam dari desa Lempur di Kecamatan Gunung Raya dan melintasi kawasan Taman Kerinci Sebelat(TNKS).Selama di perjalanan pengunjung akan melihat keindahan dan pemandangan alam yang masih sangat asli.
Sebelum memasuki Danau Kaco ada lebih baiknya kita meminta izin terlebih dahulu pada pemangku adat setempat.
Kerinci merupakan wilayah Kabupaten paling barat di Provinsi Jambi di anugerahkan dengan keindahan alam yang sangat luar biasa sebagai tempat ikon wisata didunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...