Rabu, 13 Juni 2018

PEMASANGAN NERACA DI AKHIRAT

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas r.a,beliau berkata pada hari kiamat dipasangkan neraca diatas beberapa tiang panjang,tiap-tiap tiang terpasang adalah sepanjag arah barat dan timur,telapak timbangan tersebut bagai lingkarannya dunia,panjang dan luasnya adalah sama,salah satu dari telapak neraca berada disebelah kanan arsy,itulah telapak neraca kebaikan,sedangkan yang lain berada disebelah kiri arsy dan itulah telapak neraca kejahatan.Diantara neraca tersebut serupa dengan gunung-gunung dari tingkah laku jin dan manusia yang terpenuhi kebaikan dan kejahatan-kejahatan.Pada hari itu sehari sama dengan perhitungan lima puluh ribu tahun didunia.
Rasulallah saw bersabda"Hendak didatangkan seseorang membawa tujuh puluh buku perjanjian.Setiap buku panjangnya sejauh penglihatan. 
Didalamnya terdapat kesalahan-kesalahan dan dosa-dosanya.Diletakkan buku perjanjian tersebut ditelapak neraca,maka keluarlah semisal semut-semut.Dalam kertas tersebut terdapat suatu persaksian ,"Tiada Tuhan selain Allah bahwasanya Muhammad adalah utusannya."Lalu diletakkan kertas tersebut pada telapak yang lain,maka dia lebih berbobot dengan semua dosa-dosa.
Firman Allah SWT:
Artinya"Dan adapun orang-orang yang timbangan amal baiknya lebih berat,maka dia berada dalam kehidupan yang diridhoi"(Qs.Al-Qori'ah: 6-7).
Maksud dari perkataan berat timbangannya yaitu timbangan amal baik,dan ketaatan dibandingkan dengan amal-amal jahatnya.Kalaubdemikian halnya,maka ia akan hidup dalam syurga dengan sangat bahagia.
Firman Allah SWT:
Artinya:"Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan amal baiknya,maka tempatnya adalah neraka Hawiyah.
Tahukah kamu Hawiyah apakah neraka Hawiyah itu?Dialah api yang sangat panas"(Qs.Al-Qoriah:8-11).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sastra Lisan Kerinci

  SASTRA LISAN DI KERINCI Berdasarkan faktor geografis-Nya Kerinci adalah daerah yang strategis, bentuknya yang seperti kuali yang dat...