Langsung ke konten utama

ADAT DAN PERKAWINAN KERINCI

        Menurut adat istiadat suku Kerinci dalam pernikahan anaknya disampaikan melalui kaum wanita yang menyandang sirih terawang(Jangki Terawang)serta lisan dan disampaikan kepada para undangan,orang rumah dan yang di undang.Pada era modern persiapan pelaksanaan"Pesta Kenduri"dengan praktis namun ketentuan adat masih tetap dilaksanakan.
Di Kerinci ada juga kelompok sebagian masyarakat memanaldang,perkawinan didalam lingkungan harus di utamakan.Berarti tidak harus perkawinan diluar lingkungan kerabat,kalau dilingkungan kerabat,kaum kerabat ada yang jodoh ada pula yang tidak sesuai dengan kehendak mamak induk serta kemanakan yang mengadakan perundingan.
Dalam hal itu ada juga kelompok masyarakat yang bertentangan dan tidak menyukai perkawinan yang ada hubungan dengan keluarganya yang terdekat,umpanya dengan sepupu bapak,atau ibu atau saudara yang sekandung sebaliknya yang memilik ranji-ranji dari keluarga yang masih tertata rapi.Dan ada pula yang menyukai perkawinan dengan anak mamak dan anak induk(bibi)dan perkawinan ini sangatlah bagus ibarat pepatah mengatakan"Ibarat kuah jatoeh kanasai"artinya perkawinan yang memiliki kemurnian,keharmonisan untuk anak mamak dan anak induk.
A.Akad Nikah dan Upacara Pernikahan


Menjelang hari"H"tiba,biasanya berselang selama"Tiga Hari"sebelumnya kedua belah pihak baik pihak mamak,induk,kemanakan dan pihak keluarga wanita dipusatkan tempatnya dirumah pihak wanita(mamak dan induk).
Dalam perkawinan Kerinci ada undangan yang terpisah yaitu:
1.Undangan Umum
2.Undangan Khusus
Undangan umum yang dirujukan pada seluruh warga desa,andai dan taulan serta teman sekerja.
Undangan Khusus adalah undangan yang ditujukan pada orang-orang tertentu misalnya,depati ninek mamak,imam pegawai masjid serta khudi maulana dan ulama dalam ruang lingkup desa masing-masing.
Walaupun akad nikah sudah berlangsung mempelai pria belum diperkenankan tinggal dirumah mempelai wanita.Sebelum dilakukan penjemputan dari keluarga pihak mempelai wanita pada malam yang kedua kerumah mempelai laki-laki.Pada malam kedua keesokan harinya dimana penganten wanita ditemani oleh"Tukong Tundo"atau kawan yang mendampingi wanita dalam pernikahannya.
Di Kerinci juga ada istilah"Harta Perkawinan"Yaitu:
-Harta perkawinan disini adalah keseluruhan harta yang dimiliki atau diperoleh,terhimpun selama perkawinan meliputi harta bawaan,dan harta pencarian bersama(Suami dan Istri).

1.Harta Tepatan
Harta tepatan ditepati pada istri,harta tepatan ini bisa berupa hasil usahanya ketika masih lajang,harta warisan hadiah dan sebagainya.
2.Harta Bawaan
Harta bawaan  suami kerumah istrinya,harta itu bisa berupa hasil usaha ketika mereka masih dalam lajangnya,harta warisan dan sebagainya.
Sekiranya terjadi percerian,baik cerai hidup maupun cerai mati,maka harta bawaan kembali pada pihak pembawa atau ahli warisnya.
Harta pencarian bersama suami/istri,yaitu hasil usaha bersama suami/istri yang berkumpul selama perkawinan,maka harta percerian tersebut itu dibagi dua harta ini biasa disebut"Gona Gini"masing-masing mendapat seper dua dan kalau ada anak maka harta tersebut jatuh kepada anak mereka.
Dan adat istiadat perkawinan kerinci sangatlah erat dengan ranji-ranji pada keluarga yang disesuaikan berdasarkan pada syariat islam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…