Senin, 02 Juli 2018

AIR TERJUN PANCURAN TIGA KERINCI,KEUNIKAN DAN MISTIS YANG TERKANDUNG DIDALAMNYA




Pancuran Tiga adalah salah satu desa yang mempunyai peran penting dikota kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.Pancuran Tiga merupakan perkampungan atau desa tertua di Kabupaten Kerinci dengan luas toritoral wilayah yang sangat dinamis dan memiliki potensi terbesar dari salah satu aset daerah di Kota Kabupaten Kerinci,dan juga memiliki tempat wisata yang menarik bagi para wisatawan lokal maupun manca negara.Dengan drainase perkampungan dengan perbukitan yang sangat menyatu dengan kehidupan masyarakat didesa ini..
Desa Pancuran Tiga juga memiliki ikon wisata yang dinamis di atas perbukitan desa dengan airnya yang jernih sebagai salah satu swadaya yang perlu dilestarikan.Memiliki tempat wisata yang menyimpan sejuta mistis yang memiliki corak tersendiri baik dari wisata lokal maupun manca negara.
Ketika penulis melakukan penjelajahan  yang membutuhkan lebih kurang 2-4 jam perjalanan,penulis melihat pola alam yang indah dan menakjubkan,dengan kondisi alam dan habitat hutan rimba yang masih alami,dengan ditemani sibelang hitam penulis mulai mengamati keindahan dan panorama alam air terjun Pancuran Tiga yang masih tersembunyi untuk para penjelajah maupun para wisata.Dengan sumber mata air yang masih alami penulis berupaya dengan sekuat tenaga di temani sibelang hitam untuk menunjukkan bahwa di perbukitan diatas desa Pancuran Tiga ada sumber air terjun yang alami dan tersembunyi dibalik bukit pepohohan,bambu dan semak belukar,begitu mempesonanya fenomena air terjun didesa ini dengan berbagai pesona dan keindahan yang hayati sebagai prospek wisata alam.
Kehidupan masyarakat Pancuran Tiga:
Kehidupan masyarakat didesa ini begitu modern dengan kehidupan masyarakat yang dipersentasekan:
-Pegawai Negeri Sipil(PNS) 95 %.
-Swasta 3 %. dan
-Petani Pertanian serta Perkebunan 2%.
Air terjun Pancuran Tiga terletak ditempat yang sangat strategis bukit-bukit,batu-batu yang besar masih banyak terlihat diperbukitan ini.Dengan menyelusuri hutan rimba dan jurang yang menantang para wisata lokal dan wisata manca negara bisa melihat dengan sendirinya keindahan air terjun Pancuran Tiga.Dirindangnya pepohonan hutan rimba yang terjaga dengan penuh corak dan pesonanya.
Untuk menjelajahi rute Air terjun Pancuran Tiga ada dua Rute yaitu:
1.Rute Dari Jambi dari sebelah Hilir.
2.Rute dari Sumbar(Padang)dari sebelah Mudik.
dan kita berhenti disebuah desa yang jaraknya kurang lebih 7 kilometer dari kota Sungai Penuh Kerinci,dan kita bisa beristirahat sejenak di desa yang dinamakan desa Pancuran Tiga.
Mistis air terjun Pancuran Tiga di dekat air terjun ada sebuah makam keramat"Ninek Depati Padan" dan disebelah kiri bahu jalan aliran air terjun Pancuran Tiga ada juga sebuah makam"Ninek Malikin Soleh"keduanya merupakan orang yang taat dan sangat soleh(dua orang Aulia Allah swt).
Konon ceritanya di air terjun ini lah pada tahun 200-300 M,tempat mereka berwhuduk untuk melakukan tafakur kepada Allah swt.
Pancuran Tiga dan air terjun yang penuh mistis ini sebagai salah satu ikon wisata dunia yang perlu dikembangkan kelestariannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...