Minggu, 15 Juli 2018

LEPOEN IILMU NENEK MOYANG DI ALAM KERINCI



Kerinci merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang menyimpan beragam bagai budaya tradisional dari masa lampau yang tetap terjaga keasliannya sampai pada saat sekarang dengan mengandung arti nilai luhur sebuah tradisi dan budaya bangsa di Indonesia.Dengan itulah beberapa kawasan dan wilayah sangat mengagumi potensi dari alam yang unik Kerinci Provinsi Jambi.
Wilayah Kerinci terletak dikawasan yang bernuansa keindahan dan mempunyai kemistisan alam yang dikelilingi oleh dua perbukitan dan pegunungan.Kali ini penulis menjajaki dan menepaki rentang alam Kerinci yang potensial alamnya memiliki berbagai cagar budaya yang masih sangat begitu alami dengan adanya;
Bahasa Incung kuno,tarian-tarian mistis(asyeik),ilmu-ilmu kuno,hutan angker,danau angker dan masih banyak lagi yang lainnya yang belum keseluruhannya untuk dipublikasi secara menyeluruh.
Perjalanan penulis kali ini menuju pada sebuah desa disebelah barat yaitu desa Tanjung Pauh Mudik di Kabupaten Kerinci,Jambi untuk mendapatkan sebuah cakupan budaya nenek moyang dari masa lampau tentang Ilmu Lepoen dan sejarahnya yang turun-temurun sampai pada era sekarang.Yang menarik tentang ilmu aneh Lepoen ini ialah:
1.Ilmu yang bisa menghadirkan Halilintar ditengah teriknya panas matahari dan berbentuk awan yang menggulung hitam dan bisa membunuh lawan tandingnya dengan hitungan detik menggunakan Ilmu Lepoen.Banyak rangkuman yang didapat dari salah satu tokoh masyarakat yang bernama"Kudu Rawali"yang pernah melihat langsung kejadian dan rupa dari"Ilmu Lepoen"itu dengan mata kepalanya sendiri.
2.Kemudian penulis merangkum kembali tentang sejarah"Ilmu Lepoen"Kerinci dari tetua yang bernama"nenek Jawariah"yang menceritakan bahwa buyut-buyutnya pernah mengamalkan Ilmu"Lepoen"ini.
Begitu luar biasa"Ilmu Lepoen"dari zaman dulu sampai sekarang yang katanya memiliki sejarah yang tersembunyi dan belum dikembangkan secara terperinci sesuai dengan penjalasan dari dua orang tetuah negeri yang berada di desa Tanjung Pauh Mudik ini.
Tanjung Pauh Mudik terletak di sebelah selatan Kabupaten Kerinci,Jambi dan hanya berjarak 7 kilometer dari Kota Sungai Penuh yang memiliki jarak tempuh 20 menit perjalanan dengan menggunakan roda dua dan roda empat.
Dan Tanjung Pauh Mudik juga salah satu desa yang pada zaman sekarang dikatagorikan sebagai desa"Serambi Mekkah"Kerinci yang didalamnya terkandung nuansa agama yang tinggi.
"Ilmu Lepoen" merupakan salah satu dari sejarah yang belum dikaji dengan merata oleh sebagian masyarakat yang berdomisili di desa ini.Dikarenakan sibuk dalam segala aktivitasnya masing-masing.Dari itu juga penulis memaparkan tentang sedikit sejarah tentang Ilmu Lepoen Kerinci"Jambi yang turun-temurun sampai pada era yang ditentukan yaitu zaman moderen dan zaman now sekarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prohibited from applying for the woman proposed

FOR HIBITION OF APPLYING MUSLIM WOMEN WHO ARE APPLYED  A Muslim is not permitted to propose a woman who has been proposed by his fell...