Langsung ke konten utama

KERAJAAN SIGINDO ALAM KERINCI DAN ASAL USULNYA




Diperkirakan lebih kurang lebih abad ke 6 masehi diwilayah alam Kabupaten Kerinci,Provinsi Jambi,berdiri dan terbentuknya suatu negeri-negeri,yang terpisah dan mempunyai pemerintahan tersendiri.
Komunitas sebuah masyarakat tentulah mencari pemimpin dari orang-orang yang mempunyai pengaruh besar dan disegani dalam kelompoknya.Mereka juga merupakan pemimpin yang memiliki kesaktian yang diharapkan bisa melindungi negeri dari berbagai gangguan dan marabahaya yang ditimbulkan oleh alam,binatang,manusia,serta dari gangguan makhluk astral.
Dengan pertumbuhan negeri-negeri di alam Kerinci sekitar kurang lebih abad ke 6 masehi,para pemimpin negeri pada masa itu dikenal dengan "Sigindo" atau kepala kaum(kelompok) dari komunitas keturunan kelompok masyarakat yang berdomisili disuatu daerah dan merangkap sebagai kepala pemerintahan suatu wilayah atau negeri.
Negeri "Sigindo" memiliki beberapa buah dusun,dan dimana kekerabatan kelompok masyarakat seketurunan.Kekerabatan ini terdapat pula kelompok kecil,kumpulan dari kelompok-kelompok kekeluargaan.Bahwa masyarakat paling kecil adalah keluarga yang ditunjuk dan dipilih menurut ketentuan adat yang dipilih dari ketentuan adat yang berlaku.Perkembangan selanjutnya dari unit keluarga terkecil dengan ranji kepala keluarga,kekerabatan keluarga,dalam istilah perut pemimpin dari tengganai.
Istilah kelebu sekarang disebut depati ninek mamak,kekerabatan kelebu disebut dengan luhak dan luhak dipimpin oleh kepala luhak.
Strata diatas masing-masing mempunyai tugas sendiri dan membimbing masyarakat untuk taat pada norma(hukum)ketentuan adat.Kebijakan pemerintah disampaikan oleh secara struktur melalui sistem pengendalian terhadap masyarakat.Keluarga yang terhimpun dalam sebuah negeri dinamakan"Sigindo".Masing-masing negeri membina dan mengurus anak negeri dengan kaum kerabatnya.
Negeri"Sigindo"hanya sebuah dusun,dibawahnya banyak dusun-dusun besar dibawah kekuasaan"Sigindo".
Pemerintahan "Sigindo" mengkisahkan bahwa alam Kerinci berjalan sesuai dengan baik,tentram dan makmur.
"Sigindo Asal"merupakan orang yang dihormati karena berumur lebih tua," Sigindo Asal" selalu mengikuti langkah kebijaksanaan pendahuluya dalam memimpin negeri.
Wilayah Negeri Sigindo Alam meliputi wilayah:
1.Sigindo Batinting 
Terletak diwilayah selatan yang alokasinya Danau Kerinci,lokasi ini merupakan dusun purba jarangkang tinggi dan diwilayah tersebut terdapat beberapa dusun yang maju dan berkembang pada masa lalu.
2.Sigindo Sakti
Diperkirakan terletak di wilayah bagian timur dusun Lempur,negeri dalam wilayah Sigindo dusun purba tanjung yang berasal dari muara sekiau.
3.Sigindo Elok Misai
Berada kira-kira disekitar dusun jangkat(muara maderas) negeri tanah Sigindo ini berasal dari purba koto mutun.
4.Sigindok Balak
Disekitar wilayah memayungi negeri-negeri dari dusun purba renah punti,sigindo ini berada kira-kira didusun Serampas.
5.Sigindo Bauk
Berada dekat dusun Tamiai,negeri ini berasal dari dusun purba muara sakiau di Batang Merangin.
6.Sigindo Keras
Disekitar dusun Pengasi yang berasal dari dusun purba jarangkang tinggi.
7.Sigindo Kumbang
Beralokasi didaerah Jujun dan pinggir Danau Kerinci.Wilayah ini berasal dari dusun purba jerangkang tinggi.
8.Sigindo Kerau
Berada didusun Sleman sekarang,berasal dari dusun purba koto jelantang.
9.Sigindo Keramat
Terletak diluar dusun Hiang sekarang,berasal koto jelantang.
10.Sigindo Siung
Terletak diperbukitan dusun kumun,negeri yang berada dibawah tanah Sigindo dari beradal dari dusun purba talang betung.
12.Sigindo Panjang Rambut
Beralokasi diatas bukit dekat Sungai Liuk  berada dibawah tanah sigindo,berasal dari dusun purba diwilayah Koto Keras.
13.Sigindo Merak
Berasal dari perbukitan berdekatan dengan dusun Tebat Juk,berasal dari wilayah dusun purba Koto Limau Sering.
14.Sigindo Junjung
Berasal dari Tanjung kerbau jatuh(Senggarang Agung),Negeri berasal dari tanah sigindo pemekaran dusun purba jerangkang  tinggi.
15.Sigindo Siah Tanah,Sigindo Rawo,,Sigindo Batinting didusun pulau sangkar,berasal dari dusun purba jerangkang tinggi.
16.Sigindo Kuning
Beralokasi di pratin tuo(dusun tuo)negeri yang berada dibawah sigindo ini berasal dari dusun purba lapak tuo,daerah ini beralokasi disebelah timur Serampas.
Pada masa kejayaannya,keberadaan negeri sigindo di alam Kerinci telah menjadi pembicaraan dari banyak kerajaan pada pada pemerintahan pada masa itu terutama kerajaan"Sriwijaya"di Palembang.
Terciptanya suatu prakarsa terbentuknya persatuan yang melahirkan negeri Sigindo alam Kerinci,yang bernaung dalam suatu wadah yang terkoordinasi pada tahun kurang lebih 644 Masehi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…