Minggu, 01 Juli 2018

KERAMAT DANAU LINGKAT YANG MEMIKAT


Petualangan wisata yang mengasiyikkan salah satunya Danau Lingkat didesa Lempur yang menjadi ikon wisata,memiliki panorama alam yang indah dari pegunungan pedesaan,deretan pohon dan juga perbukitannya dikenal keramat dan memiliki beberapa pantangan untuk wisatawan yang berkunjung pada danau tersebut.
Secara administratif,berada didesa lempur Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci,Jambi.Lokasinya terletak kurang lebih 43 kilometer dari Kota Sungai Penuh.
Memiliki air yang berwarna hijau sangat serasi dilihat jika berada dipinggir danau.Meskipun diselimuti berbagai kisah mistis,keindahan danau tidak bisa kita pungkiri dengan menaati seluruh pantangan dan larangan di Danau Lingkat ini,sehingga wisatawan bisa menikmati panorama dan keindahan danau,hutan yang mengelilingi danau tersebut.
Ketika saya berada disebuah pondokan yang sangat sederhana diseberang danau kerapa mengundang rasa ingin tahu,ingin menyebrang sampai disana.Sayang saya tidak bisa menganyuh rakit yang terbuat dari bambu-bambu tua yang dirancang dengan sedemikian rupa oleh masyarakat setempat.
Kembali saya bersua dengan seorang Bapak yang usianya sudah cukup senja,beliau menggenakan peci hitam dan kain sarung yang sengaja dibelitkan kelehernya,Bapak tersebut mulai bercerita tentang banyak hal tentang danau ini,Beliau mengatakan bahwa disebrang danau ada sebuah batu yang bermotifkan belang,tempat itu ujar bapak tersebut tempat yang dipercayai sebagai tempat pemandian ninek balimau,masyarakat menamakannya batu belang.
Tepat diujung bagian kanan danau dipercaya sebagai pemandian tujuh putri dari ninek Balimau,dan jika tujuh putri ini mandi,maka bunga disekitar danau tersebut mekar dan mengeluarkan aroma wewangian yang jarang ditemui pada zaman sekarang,sehingga wewangian dan keharumannya sampai kedasar danau.
Memang sungguh luar biasa fenomena alam yang ada di Danau Lingkat ini.
Meski menyimpan sejuta misteri,danau lingkat tetap memancarkan pesona keindahan alam yang alami.Bukit hijau yang mementang yang berada diujung danau mengambarkan birunya langit.
Pantangan yang harus ditaati pada tempat danau ini,kita dilarang untuk menaiki perahu terkecuali rakit.
Itulah sebagian besar ciptaan Tuhan pada alam Kerinci yang hijau ranau dan mempunyai panorama yang sangat indah pantaslah Kerinci disebut dengan"Segepal Tanah Surga".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prohibited from applying for the woman proposed

FOR HIBITION OF APPLYING MUSLIM WOMEN WHO ARE APPLYED  A Muslim is not permitted to propose a woman who has been proposed by his fell...