Sabtu, 07 Juli 2018

KEUNIKAN WISATA TAMAN TUJUH HIANG KERINCI

Makam Depati Atur Bumi Hiang Tinggi
    Punden Berundak merupakan salah satu makam nenek moyang suku Kerinci swjak zaman prasejarah dikenal masyarakat sebagai untuk menghargai roh-roh nenek moyang.Dan di Hiang Tinggi terdapat satu buah punden berundak yang terpelihara dengan baik oleh masyarakat setempat diwiliayah sitinjau laut Hiang Tinggi Kerinci,Provinsi Jambi.
Nagari yang berada dalam dusun-dusun ini memiliki tradisional di alam Kerinci berupa Meghoi atau pulau negeri.Merupakan salah satu motif bangunan batu alam tegak berada ditengah dusun.Konon kabarnya pada masa lampau Pulo Neghoi dimanfaatkan untuk kegiatan upacara nagari yang motifnya bangunan batu alam dengan posisi batu tegak ditengah dusun.
Konon pada masa lampau merupakan tempat musyawarah bertukar pendapat bagi para ulama,tokoh adat dan masyarakat pada masa lampau  dengan tarian-tarian tari asyek yang secara pelan-pelan mengalami pergeseran dan didalam dusun terdapat makam nenek moyang yang oleh masyarakat dinamakan jinak ninek.
Hiang pada saat ini masih menyimpan pusaka nenek moyang merupakan pusaka sakral,dan dihormati dan jauh diaimpan dari jangkaun yang benda tersebu dinamakn sko.
Disebut dengan pusako pedandan karena merupakan benda-benda yang memilik sejarah yang bernilai.
Dihiang terdapat rumah adat Depati Atur Bumi,Taman Tujuh Hiang atau Telaga Purba suatu daerah yang memiliki ikon wisata berupa Telaga   tujuh(Taman Tujuh).Air telaga di Taman Tujuh ini pada musim kemarau menurut keterangan dari salah satu tetuah adat di Hiang Tinggi air telaganya tidak pernah mengering.
Telaga Tujuh dikenal oleh masyarakat Kerinci sebagai Taman Tujuh yang berada diketinggian Bukit Hiang Tinggi yang airnya selalu jernih.
Pengunjung dapat melihat pesona Taman Tujuh  dan tiap tahun diramai oleh pengunjung yang melihat langsung keindahan alam di Taman Tujuh yang Eksotis dan sudah tersohor sampai dibeberapa negara didunia bahkan Amerika.

2 komentar:

Tiga pembalap tercepat TDS(tour de singkarak)2019 Kerinci

Kerinci ,Pembalap tercepat TDS fokus untuk mempertahankan jersey tersebut. Bagaimanapun jenis dakian tanjakan, saya akan berupaya sem...