Rabu, 11 Juli 2018

LEGENDA GADIEH RAMBUT BASULAM AMEH DILIMA DESA TANJUNG PAUH MUDIK KERINCI


Kerinci merupakan salah satu daerah yang memiliki sejarah tentang cerita legenda yang menjadi buah bibir dari sebagian masyarakat Kerinci terutama dilima desa Tanjung Pauh Mudik Kerinci,Provinsi Jambi.
Legenda tersebut menjadi suatu orientasi yang lebih menggarahkan pada sebuah legenda nyata pada masyarakat dilima desa Tanjung Pauh Mudik Kerinci,legenda ini berawal dari sebuah observasi yang disalurkan pada penulisan dengan menyatukan kebenaran dan mitos.
Tanjung Pauh Mudik lima desa merupakan salah pedesaan yang hidup dalam kemakmuran dengan persawahan,dan dikelilingi oleh bukit yang menyimpan sejuta legenda untuk kita gali.Legenda tersebut merupakan cerita tentang seorang gadis yang memiliki sulaman rambut panjang yang berupa emas.Penulis menyelusuri alur legenda tentang"Gadieh Rambut Basulam Ameh"di Tanjung Pauh lima desa.
Alhasil yang didapat dari orientasi melalui dialog sehingga penulis bisa memaparkan kisah ini,untuk dipublikasikan.
Pada zaman dahulu hiduplah seorang gadis disebuah perbukitan Didesa Tanjung Pauh Mudik dengan kecantikan yang tiada tara dan bak bidadari kayangan,yang mempunyai kelembutan dan keelokan yang sangat luar biasa.Membuat pandangan laki-laki mana pun di tanah Kerinci pada masa itu terpesona dan jatuh hati padanya,dengan rambutnya yang panjang dan bersulamkan emas dengan kain songket warna merah jambu dan sangat indah dilihat oleh masyarakat yang hidup disekitar bukit tersebut.Dan gadis ini memiliki ilmu yang sangat tinggi dan bisa menundukkan laki-laki mana pun yang berbuat jahat kepadanya.Sehingga banyak dari kalangan laki-laki enggan untuk menyapanya,dengan kecantikannya yang alami"Gadieh Rambut Basulem Ameh"tidak pernah sombong dengan kecantikan alami dari dirinya.Pada masa itu"Gadieh Rambut Basulam ameh" ini,sangat rajin menanam Bunga mawar dan bunga anggrek diatas perbukitan yang dipumikimannya,diperbukitan bukit Tanjung Pauh Lima Desa.
Legenda ini menjadi suatu arahan yang lebih baik buat masyarakat yang bermukim dilima desa Tanjung Pauh Mudik.
Dengan adanya legenda"Gadieh Rambut Basulem Ameh"ini.
Hingga sampai zaman sekarang nenek pun sering menceritakan legenda ini kepada cucu-cucunya.
Apakah ini aneh atau ini legenda nyata?
Penulis tidak memaparkan tentang tahun dan tanggal tentang legenda"Gadieh Rambut Basulam Ameh"ini.Akan tetapi tempat dan bukit diatas Lima Desa Tanjung Pauh Mudik,masih ada sampai pada saat sekarang.
Berarti Legenda ini bisa saja legenda nyata,atau sekedar mitos saja.
Dengan orientasi dan observasi penulis merangkum kesemuanya tentang "Gadieh Rambut Basulam Ameh" ini bukan Legenda melainkan benar ada kejadiannya pada sebuah perbukitan di Lima Desa Tanjung Pauh Mudik Kerinci,Provinsi Jambi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...