Kamis, 26 Juli 2018

MASJID-MASJID KUNO BERSEJARAH DI KERINCI

    Kabupaten Kerinci,Provinsi Jambi,merupakan wilayah perkembangn islam pada  lampau,yang merupakan bukti-bukti nyata dari kepiayawaan para-para ulama yang terkenal dengan keta'atanya pada Allah swt.Ini tidak dapat dimungkuri dengan bukti-bukti yang "real" yang kita lihat pada zaman sekarang berupa Masjid-Masjid Kuno Bersejarah yang merupakan salah satu budaya ISLAM yang dilestarikan pada daerah masiing-masing yang ada diwiliyah Kerinci,Provinsi Jambi.Kesemuanya adalah metaprota dari sejarah pada masa dahulu dan berdirinya sangat lama sekali,sehingga arsitektur dari bentuk likuk dari"MASJID"sangat begitu menarik dan mengandung nuansa keunikan yang menawarkan konsepsi yang interior-interior relief yang bernuansa agama baik dari kaligrafinya maupun dari ukiran-ukiran dinding pada masjid bersejarah tersebut.
Marilah sekilas kita renungkan sejenak tentang perkembangan islam pada masa dulu,yang bisa kita kenang dengan menikmati hasil dari perjuangan-perjuangan nenek moyang kita,pada zaman dulu.
Administratif dan perkembangan islam pada masa dulu merupakan perjuangan yang sangat beratbsehingga perkembangan ISLAM tersebut dapat kita rasakan dengan penuh kemurnian berlandaskan pada Alqur'an dan hadist-hadist yang mutawattir.
Masjid-Masjid Kuno Kerinci
1.Masjid Pondok Tinggi.
Mesjid ini berdiri pada tahun 1700 H,masjid lama kuno ini,mula beratapkan lapen kayu pada tahun 1939 di ganti dengan atap seng hampir sama dengan atap di zaman sekarang.
Masjid ini terletak di Kota Sungai Penuh dengan nama Masjid Kuno dan motif masjid ini bermotif geografis dan Flora pada tiap bagian dinding bagian dalam dan juga memiliki beduk atau tabuh yang sangat besar begitu unik dan menarik jika kita singgah sejenak untuk shalat di dalam Masjid ini.


2.Masjid Keramat Koto Tu Pulau Tengah
Masjid ini merupakan salah satu saksi bersejarah bagi alam kerinci,agama islam masuk kekerinci sekitar kurang lebih 14 M,Masjid ini juga memiliki arsitektur kuno adalah salah satu Masjid keramat yang paling terkenal di Koto Tuo Pulau Tengah.


3.Masjid Keramat dipinggir Danau Kerinci
Masjid dipinggir danau Kerinci ini berdiri pada kurang lebih pada tahun 1750,usianya paling tua,bercerita masuknya islam di alam Kerinci melawan dan mengusir penjajah koloneal belanda pada masa dulu.
Masjid ini memiliki nilai corak khas bangunan yang tanpa paku,pada tembok dinding masjid ini didirikan oleh seorang Ulama"Syeik Kuak(Syeik Kuat)",kalau ulama memiliki fisik yang kuat dikenal dengan"Syeik Qhulhu"menurut konon ceritanya syeik ini selalu mengamalkan surat Al-Ikhlas sepanjang hidupnya dan dia juga di panggil dengan sebutan"Syeik Kalai"(Penghulu) dan juga nama lain beliau"Syeik Muzakkir"orang yang suka berzikir.

4.Masjis Lempur  Tengah
Masjid Lempur Tengah dibangun pada abad 19 M,masjid ini,masjid yang sangat unik dan termasuj masjid kayu yang masih utuh,dengan keunikannya pada masjid ini berupa interior-interior gegrafis yang terdapat didalam dan diluar masjid penuh dengan pahatan geogrmatris dan flora.


5.Masjid Lempur Mudik
Masjid ini dibangun pada abad ke 19 terletak didesa Lempur Mudik di Kecamatan Gunung Raya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prohibited from applying for the woman proposed

FOR HIBITION OF APPLYING MUSLIM WOMEN WHO ARE APPLYED  A Muslim is not permitted to propose a woman who has been proposed by his fell...