Minggu, 22 Juli 2018

Mau Kuliah S2 di UGM? Ini tips lulus seleksi dari saya|Kerinci TV


Untuk kuliah pasca sarjana di UGM kamu harus mengetahui informasi penting ini. Pertama kamu harus lulus dulu S1, artinya bagi yang belum punya ijazah Sarjana otomatis tidak bisa masuk S2. Kemudian yang kedua pahami jalur-jalur untuk masuk ke pasca sarjana UGM. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari website resmi UGM ada tiga jalur seleksi untuk masuk pasca sarjana yaitu:
  1. Jalur Reguler
    Diperuntukkan bagi calon pelamar dengan biaya sendiri, calon pelamar dengan biaya dari instansi tempatnya bekerja, dan calon pelamar dari masyarakat umum yang sedang mengajukan beasiswa dari berbagai Kementerian di Republik Indonesia.
  2. Jalur Kerjasama
    Diperuntukkan bagi calon pelamar yang biaya pendidikan dibiayai oleh mitra UGM dan biaya pendidikannya ditanggung oleh institusi tersebut, dibuktikan dengan adanya MoU yang masih berlaku.
  3. Jalur Internasional
    Diperuntukkan bagi Warga Negara Asing (WNA).
Update terakhir : 28 April 2017 15:00:35 WIB


Selanjutnya kamu pilih program studi apa saja yang diinginkan. Ada banyak program studi pasca sarjana di UGM. Kalau boleh dibilang "lengkap" apa aja ada. Kemudian yang paling penting kamu lihat informasi syarat untuk ikut seleksi. Ada banyak syarat seperti transkrip nilai S1, surat keterangan dari kampus S1 dan lain-lain, yang pada dasarnya kamu pasti bisa memenuhi persyaratan itu dengan mudah. Namun yang menentukan kita lulus atau tidak lulus itu adalah tes TOEFL dan tes TPA. Untuk tes TPA biasanya UGM minta minimal nilai 450. Kalau tes TOEFL tergantung jenis tesnya, misalnya tes ITP-TOEFL skor mimimal yang diminta 400.


Disilah banyak peserta yang gugur sebelum ikut tes seleksi. Karena tidak dapat memenuhi standar minimal tes TPA dan TOEFL. Disini penulis akan memberikan sedikit tips jika kamu serius ingin kuliah di pasca sarjana UGM. Berikut tips dari saya.

  1. Pasca sarjana UGM dibagi berdasarkan program-program studi atau fakultas. Biasanya ada syarat tambahan untuk masing-masing jurusan. Jadi kamu harus cari dulu informasi khusus untuk fakultas yang kamu mau itu. Atau kalau ada kenalan disana untuk minta nomor kontak panitia seleksi untuk tanya-tanya langsung.
  2. Kalau kamu memang niat betul ingin di UGM ya sudah datang aja ke jogja dulu, nanti sampai disana baru cari informasi yang detil. Kalau sempat ketemu dengan mahasiswa S2 jurusan tersebut lalu kenalan dan tanya-tanya bagaimana kisah dia bisa lulus.
  3. Untuk tes TPA kamu bisa ikut yang diselenggarakan oleh UGM sendiri namanaya PAPS. Kamu bisa daftar dulu disini: https://paps.ugm.ac.id/ . Soal PAPS nya UGM ini mirip dengan punya BAPPENAS, jadi kamu bisa cari buku tes TPA di gramedia yang versi tes TPA nya BAPPENAS.
  4. Sedangkan untuk tes bahasa inggrisnya UGM juga menyediakan jalur tes namanya AcEPT. Jadi bisa sekalian kamu ikut tes itu. Untuk soal tes AcEPT kamu jangan belajar dari buku ILTS-Toefl atau iBT dkk. Karena soalnya akan jauh berbeda. Jadi cari aja buku yang khusus untuk AcEPT ya.
Semoga tips ini bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maulid Nabi saw mengikuti akhlak Rasulallah Ustadz Roma Iswadi,MA

Kerinci ,Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad Saw 1441H  yang bertempat di Surau Shilaturrahmi Pancuran Tiga Desa Tj. Mudik Ker...