Jumat, 27 Juli 2018

MEGALITHUM BERSEJARAH DI ALAM KERINCI

   

 Megalithum merupakan istilah kebudayaan Batu Besar"Mega"artinya:Besar Lithos Artinya:Batu.Kebudayaan megalithum bukanlah suatu zaman yang berkembang dengan sendirinya,melainkan suatu hasil dari budaya yang timbul pada zaman"Neilithikum"dan berkembang pesat seiringnya perkembangan zaman pada zaman logam.Setiap bangunan yang diciptakan oleh masyarakat tentu memiliki fungsi dan fungsionalnya sendiri-sendiri.
Peradaban dari zaman Megalithik dapat kita lihat di 
Kabupaten Kerinci di Desa Muak Kecamatan Bukit Kerman berupa batu-batu bersejarah dari peradaban"Meghalitik" yang berusia Lebih kurang 5.000 tahun yang dapat kita lihat dan jumpai di Desa Muak Kecamatan Bukit Kerman,Kerinci,Jambi.diantarannya berupa:
1. Batu Gong
Batu Gong yang hampir mirip dengan Gong ini merupakan batu yang berdiameter lebihb kurang 1,5 dengan panjang lebih kurang 3 meter dan dapat kita temui  ukiran yang berupa binatang,maupun manusia pada masa zaman"Neolithikum".

2.Situs Batu Patah
    Peninggalan Purbakala ini hampir keseluruhannya terletak ditepi jalan besar sehingga sangat mudah di jangkau oleh para peneliti dan pengunjung yang berlokasi dipinggir jalan besar pada desa setempat.

3.Batu Beralif
  Batu ini  disebut dan dikenal oleh masyarakat Desa Muak sebagai batu bertulis  yang letaknya berseblahan dengan Kantor Kepala Desa(Kades).
Dan kalau kita perhatikan situs ini kurang diperhatikan dan di kwatirkan lambat laun akan mengalami kerusakan yang parah pada situs yang bersejarah tersebut.oleh karena itu perlu perhatian dari pemerintah daerah  dan dari Dinas perencaanaan Kebudayaan yang ada di Kabupaten Kerinci,Jambi dan  bekerja sama dengan masyarakat.
Perjalanan menuju Desa Muak di Kecamatan Bukit Kerman merupakan suatu inspirasi dan kreasi yang dinamis dalam menunjang dan menjaga situs bersejarah dari masa lampau. Dan usia Batu Beralief pada gambar diatas diperkirakan 12.000 Tahun dari Peradaban Neolithikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiga pembalap tercepat TDS(tour de singkarak)2019 Kerinci

Kerinci ,Pembalap tercepat TDS fokus untuk mempertahankan jersey tersebut. Bagaimanapun jenis dakian tanjakan, saya akan berupaya sem...