Kamis, 12 Juli 2018

MENYELUSURI MAKAM ANGKER NINEK PAMATANG MALINTA DILIMA DESA TANJUNG PAUH MUDIK KERINCI




             Tanjung Pauh Mudik dilima desa Kerinci,Kecamatan Keliling Danau mempunyai banyak cerita sejarah tentang sebuah keberadaan makam angker yang harus kita budayakan,makam angker tersebut terletak di sebelah barat dari salah satu di Tanjung Pauh yaitu desa Pancuran Tiga yang makamnya berada ditengah sebagian kebun masyarakat,dan makam tersebut konon kabarnya merupakan salah satu orang yang sakti di alam Kerinci.Yang memiliki kedijakyaan yang tinggi sebelum zaman dari sejarah Panglimo Kincai"Depati Parbo".Akan tetapi masyarakat didesa ini banyak yang tidak mempercayai tentang hal demikian dikarenakan kuat agama yang berkembang.
Penulis menyelusuri Makam Keramat Ninek Pamatang Melinta Tanjung Pauh  Mudik Lima Desa yang keterangan tentang makam ini dari seorang penduduk yang bernama"Karai".
Karai dan temannya Em pernah melakukan butarak dimakam keramat ninek Pamatang Malinta dengan menggunakan alat-alat kapur sirih,kemenyan putih,dan kain hitam satu gepo,Dalam butaraknya Karai dan Em melihat Ninek Pamatang Melinta berdiri dihadapannya dengan ukuran tingginya setinggi Batang Kelapa,mungkin dikatagorikan aneh atau mitos namun ada baiknya cerita ini kita budayakan menjadi suatu sejarah bagi masyarakat di lima desa Tanjung Pauh Mudik Kerinci.
Tanjung Pauh Mudik merupakan salah satu aset dari Kabupaten Kerinci yang didalam desa ini mempunyai pendidikan Akademis yang begitu tidak bisa dipersentasekan dari DIII,SI,S2, bahkan S3.
Tentu dengan nilai yang intelektual kita berfikir secara logika bahwa alam raya merupakan sumber ilmu yang bisa digali denga. berbagai temuan-temuan aneh dan unik seperti yang diujarkan diatas tentang keberadaan Makam Angker Ninek Pamatang Malinta yang ada di desa ini.Dan penulis melakukan orientasi tentang keberadaan Makam Keramat Ninek Pamatang Malinta.
Cerita tentang Makam"Ninek Pamatang Malinta"banyak yang belum mengetahui keberaadaannya namun dengan berdialog kepada kedua tokoh masyarakat dalam lima desa Tanjung Pauh Mudik,penulis mendapatkan keterangan yang kongkrit tentang keberadaan Makam Keramat"Ninek Pamatang Malinta".
Jarak Lima Desa Tanjung Pauh Mudik lebih kurang 7 Kilometer,dan dengan menggunakan fasilisatas berupa roda empat dan roda dua kita bisa bersiarah kemakam"Keramata Ninek Pamatang Malinta dengan masuk kehutan milik masyarakat dan tempat tersebut sekarang tidak terealisasi dengan elok,sehingga membutuhkan peralatan berupa sejenis golok untuk menebasi sebagian semak belukar yang berada disisi Makam Keramat Ninek Pamatang Malinta.
Dengan adanya cerita tentang Makam Keramat Ninek Pamatang Malinta,marilah sama-sama untuk kita budayan menjadi suatu sejarah masyarakat Tanjung Pauh Mudik Lima desa pada Khususnya dan Kerinci pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...