Sabtu, 21 Juli 2018

NAMA ULAMA SAKTI TANJUNG PAUH KERINCI.





Kabupaten Kerinci merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki nilai bersejarah yang sangat tua dan lebih tua dari pada suku Inka yang berada di pedalaman Amerika.Orang Kerinci pada zaman dahulu sangat hobi pada bela diri seperti Silat dan lain sebagainya.Suatu nuansa tersendiri hingga hal ini turun-temurun sampai pada saat ini.
Bukan saja Ilmu Bela diri Silat bahkan Ilmu-Ilmu pada zaman Kerinci Kuno sampai saat ini banyak sebagian dari keturunannya yang mengamalkannya.
Ilmu yang turun-temurun tersebut masih erat melekat,walaupun sebagian dari anak-anak cucu keturunan Kerinci,Jambi masih banyak sebagian yang tidak mempercayai.
Orang-orang sakti terdahulu:salah satunya berasal dari Nagari"Alam Depati Anum"Tanjung Pauh Kerinci"
yang memiliki Karamah yang luar biasa,yang  beratapkan langit berselimutkan embun,dengan berbagai nuansa Islami didalamnya:
1.Syeik Marullah
Syeik Marullah hidup pada zaman"Damar Wulan(Tiang Bungkuk)"di tanah alam Kerinci pada masa itu.Yang menjalankan syiar Islam sampai pada batas Kerinci Tengah dan  batas Kerinci Tinggi di Batang Asai(Sarolangun).Dengan Ilmu syiar Islam ulama"Syeik Marullah"juga memiliki Ilmu yang pilih tanding pada zaman itu"Syek Marullah"bisa hilang dalam sekejap atas izin Allah Swt,kemana saja tujuannya yang dikehendaki,Konon kabarnya"Syeik Marullah"juga sebagai orang sangat disegani pada masa itu"di kepulauan Sumatra,sampai-sampai"Aditya Warman Raja dari kerajaan Sriwijaya bertekuk lutut dengan"Syeik Marullah",
"Datuk Berhalo"Rajo Jambi juga dibikin kelabakan oleh seorang Aulia Allah" Syeik Marullah"dari Tanjung Pauh Kerinci.
2.Syek Malikus Saleh
Syeik Malikus Saleh juga hidup pada zaman yang serupa dengan"Syeik Marullah"peran besarnya juga menyebarkan Islam ditanah alam Kerinci pada era"Damar Wulan"(Tiang Bungkuk)yang memiliki Makom yang hampir sama dengan"Syeik Marullah".
Sehingga pada saat sekarang tampuk keislaman yang ada disesa Tanjung Pauh Kerinci membudaya sampai pada anak-anak cucu sekarang.
Bukan karena ilmu kesaktian yang mereka miliki namun ilmu agama.yang keduanya kuasai sehingga islam tersebar pesat di alam Kerinci pada zaman itu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...