Rabu, 25 Juli 2018

NAMA UNIK"RIO PERANG"DALAM TATANAN ADAT TANJUNG PAUH KERINCI


Kerinci adalah suatu wadah alam yang hayati dan unik dengan pesona alamnya dalam keunikan alamnya Kerinci,Jambi merupakan suatu suaka lestari yang terbina dari lembaga dan adat istiadat yang begitu tinggi,sehingga konsulidasi dari bentuk alam terkandung nilai-nilai budaya yang bermutu tinggi.Suatu absensi dari bentuk alam yang unik memiliki keulasan yang tinggi pula untuk kita nikmati.
Setelah melihat dan menyelusuri titik alam yang terbentang teramat luas dengan nilai adat dan istiadatnya juga berisikan beragam keunikan.
Pada hari senen tepatnya tanggal 23 juli 2018 kemaren sekitar pukul 20.00 wib setelah melakukan shalat isya di masjid Baitul Rahman yang berlokasi di Kota Sungai Penuh,penulis melanjutkan perjalanan menuju salah satu desa di Kabupaten Kerinci,yang konon kabarnya memiliki nilai adat istiadat yang kuat dengan nama-nama Depati yang sangat begitu unik untuk di telusuri,dengan beberapa beberapa teman kami menuju sebuah desa disebelah selatan Kota Sungai Penuh"yaitu Lima desa Tanjung Pauh Mudik Kerinci dan pada desa ini mengandung nuansa agama yang sangat kental.
Tak selang kemudian kami menuju salah satu rumah yang jaraknya tak begitu jauh dari awal masuk desa ini.
Dan setelah itu kami duduk dengan salah satu pemangku adat yang sangat disegani di Lima Desa Tanjung Pauh Mudik,dengan dialog yang tak selang beberapa lama kami mendapatkan informasi sebuah nama unik dari adat dan istiadat dalam ruang lingkup di Lima Desa Tanjung Pauh Mudik tentang ada sebuah nama Depati dengan nama"Rio Perang"sungguh amat menarik dan begitu sangat unik dengan cerita yang dipaparkan oleh Bapak"Tanang Sakti"di Lima Desa Tanjung Pauh Mudik.
Barangkali kita bertanya,apa sebenarnya keunikan yang terkandung dalam nama"Rio Perang"dalam tatanan adat istiadat Lima Desa Tanjung Pauh Mudik Kerinci,Jambi.
Keunikan dari nama"Rio Perang"sangat berbeda dengan desa-desa lain yang ada di daerah Kerinci yang masing-masing mempunyai tampuk adat dan istiadat.
"Rio Perang" dalam tampuk adat merupakan salah satu dari pemangku adat yang mengatur dan memimpin alam negeri Lima Desa Tanjung Pauh Mudik dari kekacauan dan huru-hara dari desa lain.
Kemampuan seorang"Rio Perang"bukan saja dari sebuah nama,akan tetapi juga sebagai prospek(acuan)mengatur strategi dalam kancah kekacauan dalam alam negeri Lima Desa Tanjung Pauh Mudik.
Methode-methode pengkajian tentang nama"Rio Perang"terkait dengan sebuah konsep pada naluriah alam Kerinci dengan konsep alamnya yang harus terjaga dari huru-hara dan kekacauan.Hal ini merupakan sisi unik untuk lebih mengetahui lebih dalam penulis dan rekan-rekan penulis menganalisa dari setiap kronologis cerita dari Bapak"Tanang"sebagai pemimpin adat istiadat di Lima Desa Tanjung Pauh Kerinci.
Keunikan dari nama "Rio Perang diambil dari kalimat" Tampuk"yang artinya"Yang memengang dalam istilah prota-prota adat di lima desa ini.
Diatur oleh pemangku bumi yang bergelar:
-Depati Padan
-Depati Muko
-Depati Kajo
-Rio Indah dan
-Rio Malin.

Terangkum dalam analogi kekuasaan yang dipimpin oleh"Depati Anum" dengan nama lain"Tanang".
"Rio Perang" merupakan salah satu nama yang unik sekali ketika kami melakukan orientasi pada Lima Desa Tanjung Pauh Mudik Kerinci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...