Kamis, 12 Juli 2018

PENGGIAT PENDIDIKAN TANJAB TIMUR TERAPAN SISTEM ZONASI DALAM PPDB OLEH HERI NOPAL,S.PdI(PENGGIAT PENDIDIKAN KAB.TANJAB TIMUR JAMBI

Terapan sistem zonasi dalam PPDB, menurut Heri Nopal,S.Pd

     Sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru(PPDB) merupakan kebijakan KEMENDIKBUD untuk mengakomidasi siswa tidak mampu untuk mendapatkan sekolah.
Ini sebenarnya adalah program afirmasi untuk melindungi anak yang tidak mampu agar mendapatkan sekolah.Sekolah negeri ya,karena sekolah negeri itu dibiayai oleh pajak rakyat dan itu harus dikembalikan kepada rakyat,itu yang dikatakan zonasi sebenarnya.Nopal menjelaskan sistem zonasi diterapkan agar siswa dapat diterima disekolah yang dekat dengan domisilinya,dirinya berpendapat sistim zonasi juga akan melindungi warga yan tidak mampu.
Jadi begini sekarang yang kita terapkan sistem zonasi.Sistem zonasi itu meminta agar,90% anak dizona itu bisa diterima dizona itu.10 % nya boleh dari luar dengan beberapa pertimbangan.Kemudian menimal 20% siswa yang tidak mampu,jadi itu harus jaminan untuk harus diterima karena tanpa ada ketentuan begitu anak-anak yang kurang mampu akan terlempar dari wilayahnya.
Nopal juga menuturkan penerapan online digunakan untuk mempermudah pengawasan zonasi tersebut.Namun bagi sekolah yang belum menurutkan sistem zonasi tersebut secara sempurna,pihak KEMENDIKBUD masih mentolerirnya.
Tetapi kalau misalnya,tidak bisa dilaksanakan dengan berbagai faktor dilapangan itu boleh disesuaikan. Nopal mencermati dilapangan,masih banyak orang tua murid yang kecewa dengan kebijakan tersebut.Meski demikian,meski demikian mahasiswa PASCA SARJANA UIN STS JAMBI ini yakin kebijakan tersebut akan berdampak positif dalam jangka yang panjang,soal keluhan banyak masyarakat hanya perasaan sementara saja.


Nopal yakin kebijakan tersebut akan berdampak positif dalam jangka yang panjang,soal keluhan banyak masyarakat hanya perasaan sementara saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maulid Nabi saw mengikuti akhlak Rasulallah Ustadz Roma Iswadi,MA

Kerinci ,Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad Saw 1441H  yang bertempat di Surau Shilaturrahmi Pancuran Tiga Desa Tj. Mudik Ker...