Rabu, 25 Juli 2018

PESONA WISATA REDUP DARI PENGUNJUNG


 Alam merupakan anugrah yang terindah yang kita nikmati,setiap hela nafas melangkah mengarungi kedentikam alam yang begitu fontensial bagi para pecinta alam memiliki daya pukai tersendiri bagi penikmati.Suatu contoh yang lebih besar ketika kita mulai merasakan suaka keindahan tentu pula kita berfikir lebih dalam bahwa alam dan pesona keindahan adalah merupakan salah satu anugrah yang memiliki fotensial alami ia juga merupakan wahyu Tuhan yang tersirat bagi seluruh makhluk dipermukaan bumi dengan daya pukai yang masih sangat eksotis.
Perkembangan dan pembinaan alam serta pesona alam dikelola dengan baik oleh manusia sebagai salah satu ikon terpenting di belahan dunia.Kenampaan dan kepesonaannya merupakan anugrah yang tak ternilai,
Apa kita dapat mensyukuri?atau mungkin sekedar menikmati pesona keindahan alam itu saja?
Keluasan berfikir dan meganalisa adalah suatu komponen dari hal tersebut,menjelajahi,menapaki,bahkan  juga kita jadikan suatu bentuk hasrat dan naluri pada pesonanya.
Banyak hal yang perlu menjadi konsling dalam menganalisa dan mengenal potensi alam,misalnya:
1.Mengamati
Apa tujuan dari mengamati itu!!apa sekedar menikmati pukauan keindahannya atau barangkali hanya sekedar berkreasi saja,tanpa tujuan untuk berenofasi dengan pukauan keindahannya.Melihat dan lalu menikmati tanpa ada tujuan yang sebenarnya.Padahal banyak mutu pengetahuan yang terkandung dalam pesona keindahan alam.

2.Merasakan
Apa yang sebenarnya yang kita rasakan ketika kita berada pada tempat rekreasi dengan penuh hirup pikuk,canda dan tawa yang tanpa kita rasakan betapa besar makna dari rasa dalam benak dan jiwa pada waktu dan tempat kita berdiri dan merasakan kepesonaan alam tersebut.Kita semua merasakan kepesonaan alam apa sebenarnya yang kita rasakan dengan pesona pukauan alam berupa pohon-pohon,perkebunan,danau,perbukitan dan pegunungan.

Alam Kerinci merupakan letak strategis dari segala pesona dan keindahan dengan alamnya yang begitu sangat memukai dengan keindaha dan pukauan.Alam Kerinci merupakan salah satu stabilitas pesona alam yang konfensial dengan konsep alam yang berbeda-beda pada tiap daerah yang ada di alam Kerinci.
Bagaimana kita lestarikan pesona dan keindahan  hayatinya di Gunung Kerinci terjadi perambahan yang sampai sekarang tidak diketahui siapa dalangnya.Pesona-pesona alam Kerinci lama kelamaan akan redup menjadi pesona yang tandus dan tak terjaga habita dan keindahannya,sungguh diluar dugaan!!
Pesona yang kita nikmati akan sirna dan memudar tanpa ada kecendrungan untuk menjaga stabilitas alamnya.

Penulis meyelusuri titik demi titik pesona yang ada di alam Kerinci,memang kita harus bangga karena kita penduduk mayoritas di alam Kerinci,lalu bagaimana karakteristik kita jika alam kita di rambah oleh orang-orang yang tak dikenal dengan Ilegal,penebangan hutan tanpa HPH,dan sebagainya.
Lebih jauh kita berfikir dan merasakan bagaimana tujuan dan arah yang sebenarnya tentang pesona-pesona alam yang kita banggakan lalu musnah tanpa kita lestarikan.Apa hanya INSTANSI-INSTANSI terkait saja yang menjaga pesona alam Kerinci ini,menngantongi hasil dari tempat-tempat wisata demi kantong pribadi,yang tak tentu arah dan tujuannya,lama kelamaan semuanya itu akan redup dengan sendirinya,kalau tidak kita lalu siapa lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiga pembalap tercepat TDS(tour de singkarak)2019 Kerinci

Kerinci ,Pembalap tercepat TDS fokus untuk mempertahankan jersey tersebut. Bagaimanapun jenis dakian tanjakan, saya akan berupaya sem...