Selasa, 24 Juli 2018

PUSAKA-PUSAKA BERTUAH BERSEJARAH KERINCI


Kabupaten Kerinci pada umumnya memiliki pusaka-pusaka bersejarah dari nenek moyang terdahulu dan dijadikan bukti sejarah pada masa kini.Setiap daerah mempunyai nilai sejarahnya masing-masing dari  sini lah penulis ingin mengkaji sedikit banyak nya peninggalan pusaka-pusaka bersejarah dari alam sakti kerinci,jambi dan pusaka-pusaka tersebut mempunyai arti mistis tersendiri bagi masayarakat sidaerah ini.Tentang APA?dan SIAPA?Pemilik pusaka-pusaka tersebut.
Sejak penulis menginjak kan kaki di alam dingin kerinci,banyak sedikit yang terlintas dalam benak penulis agar bisa mempublikasikan nilai-nilai sejarah berupa pusaka-pusaka nenek moyang masa lalu yang ada di Kabupaten Kerinci,Jambi,ternyata pada setiap dusun-dusunnya memiliki dan menyimpan pusaka-pusaka masa lalu yang bernilai tinggi dan anehnya nilai pusaka-pusaka tersebut memiliki mistis-mistis yang berbeda sesuai dengan konsekuensi dari asal dan usul pusaka tersebut.Sebagai salah satu literatur dalam penggalian sejarah tentang pusaka-pusaka ini sebagai salah satu objek budaya masyarakat kerinci pada khususnya.
Tak mengapa jika semua penggalian penulisan penulis paparkan dengan kecintaan penulis pada budaya masa lalu yang tentu sangat perlu sekali digali sebagai salah satu  budaya yang di kembangkan pada dunia dari daerah kerinci,Jambi.Alternatif tersendiri untuk mengenal lebih banyak tentang bukti-bukti sejarah masa lampau pada tanah sakti alam kerinci.
Sepanjang perjalanan penelusuran terlintas dibenak penulis betapa terpadunya alam dengan dominasi pusaka-pusaka nenek moyang pada daerah ini.Penulis hanya mengulas sedikit tentang pusaka-pusaka kerinci yang disesuaikan dengan darehnya,Hiang,Koto Tuo(Pulau Tengah),Limau manis(Pulau Tengah), dan Hamparan Rawang.
Nama pusaka-pusaka bersejarah Kerinci:
1.Keris Depati Atur Bumi Hiang

2.Keris Depati Kuning Melatak Bumi

3.keris Rio Balang Kodrat

4.Keris Datuk Kitan Tuo Susun Nageri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maulid Nabi saw mengikuti akhlak Rasulallah Ustadz Roma Iswadi,MA

Kerinci ,Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad Saw 1441H  yang bertempat di Surau Shilaturrahmi Pancuran Tiga Desa Tj. Mudik Ker...