Sabtu, 07 Juli 2018

SEJARAH PANGLIMO GAYUNG KERINCI


Alam Kerinci merupakan alam yang mempunyai struktural alam yang berbagai cerita dan sejarah yang terkandung didalamnya.Dan memiliki suaka alam yang mengandung pengetahuan yang dapat kita gali tentang sejarah peradaban dimasa lampau dengan ilmu ilmiah serta orientasi yang lengkap yang kita susun.
Disini penulis menggarap tentang kisah sejarah tentang Panglimo Gayung yang mempunyai peran penring dalam penyebaran islam dan menundukkan beberapa kerajaan yang menjajah peradaban Kerinci,Provinsi Jambi pada masa itu.
Panglimo Gayung merupakan salah satu dari orang sakti yang menundukkan beberapa kerajaan melayu hindu di Palembang,Jambi dan Padang pada masa itu,dengan menyusun beberapa taktik peperangan di hutan rima,perbukitan dan gunung di alam Kerinci.
Panglimo Gayung hidup pada masa kira-kira abad ke 16 di alam sakti Kerinci.
Dan beliau sangat berperan besar dalam penyebaran luas wilayah islam di Kerinci Tengah,Mudik dan Hilir.
Dengan adanya perkembangan dan perluasan penyebaran islam pada itu membuat raja Palembang berang,dikarenakan dengan jelas,bahwa kerajaan Palembang akan ditaklukkan dengan penyebaran dan perluasan islam,dan hal ini juga membuat beberapa kerajaan murka durjana dengan tahapan penyebaran islam yang dilakukan oleh Panglimo Gayung dan prajurit-prajuritnya.
Singkat cerita,bahwa Panglimo Gayung berhasil menundukkan tiga kerajaan hindu besar yang berdiri pada masa itu.
Dan semua kerjaan hindu pada masa Panglimo Gayung semuanya di taklukkan dan rakyat yang berada dalam taklukannnya semuanya memeluk islam.

Semoga kisah dari Panglimo Gayung menjadi Inspirasi kita,bahwa semua kedudukan hanya dapat ditaklukkan dengan jalannya kebenaran,bukan fitnah,mengadu domba dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiga pembalap tercepat TDS(tour de singkarak)2019 Kerinci

Kerinci ,Pembalap tercepat TDS fokus untuk mempertahankan jersey tersebut. Bagaimanapun jenis dakian tanjakan, saya akan berupaya sem...