Langsung ke konten utama

TAHI kambing di teras masjid


(gambar ilustrasi tahi kambing)

Bagaimana perasaan mu ketika melihat ada TAHI kembing berserakan di teras rumahmu yang mewah itu? Pasti kamu akan emosi dengan si pemilik kambing yang tidak memelihara ternaknya. Lalu bagaimana perasaanmu ketika melihat ada TAHI kambing diteras masjid? Masjid, musholla dan surau itu rumah Allah. Apa kamu tidak emosi? Ah, ini petanyaan aneh, jelaslah orang islam yang sering ke masjid emosi, tidak usah ditanya lagi.

Tapi masalahnya, penulis sering mendapati beberapa masjid di ranah yang kito cinto ini, SEPI pengunjung (tidak seperti pengunjung blog ini yang selalu rame hehe). Jemaahnya tinggal partai tua alias kakek-kakek dan nenek-nenek. Kadang di satu masjid jamaah laki-lakinya tinggal satu alias "one man show": azan, ikomat dan imam dia semua. Ketika dia datang ke masjid buru-buru dia ingin menghidupkan loadspeaker memutar kaset Muammar Z.A berharap agar waktu sholat kali ini jamaahnya banyak yang datang,  dia bersihkan debu-debu dan merapikan karpet-karpet masjid. Maka tidak sempat lagi dia mempethatikan ada tahi kambing di teras masjid.

Andai... (kalau boleh) saya berandai melihat jamaah ramai berdatangan seperti sholat jumat, tentu kambing-kambing itu tidak datang kemasjid. Mungkin kambing itu dikiranya masjid itu rumah tak bertuan karena selalu kosong. Sehingga dia merasa aman membuang hajat disana.

Adakah sampai kepada kita satu riwayat tentang hijrahnya baginda Nabi kita Muhammad SAW dari mekah ke madinah? Yaitu ketika Beliau SAW petama kali sampai ke madinah maka yang pertama kali dibangunnya adalah Masjid, yang kita kenal sekarang dengan Masjid Nabawi. Jadi yang pertama kali dibangun oleh Nabi kita (saya ulangi lagi) adalah Masjid, bukan tower telkomsel! Itu karena islam menempatkan masjida dan semua aktivitas didalam masjid itu lebih penting dari pada yang lain. Maka aneh anak zaman sekarang kalau pergi ke suatu tempat yang pertama dicarinya sinyal 4G bukannya tempat ibadah.

(gambar islustrasi masjid nabawi zaman dulu)

Oleh sebab itu penulis sangat berharap masjid-masjid di ranah kito kincai atau kinci ini kembali ke fitrahnya yaitu bersemangat dan berlomba-lomba meramaikan masjid. Bagaimana caranya? Saya rasa itu gampang. Kita punya banyak sarjana agama, punya banyak orang pintar dan tokoh-tokoh. Buatlah acara-acara dengan kemasan yang menarik perhatian anak-anak muda ke masjid. Buatlah kegiatan rutin agar anak-anak bisa sambil belajar di masjid atau semacamnya. Masalahnya tinggal KEMAUAN. Kalau sudah tidak punya kemauan semuanya jadi serba sulit. Mari kita mulai dari kesadaran dan bergerak menjadi kemauan lalu saling mengajak untuk kebaikan. Demikian, mohon maaf jika ada terdapat kesalahan dalam tulisan ini, wassalam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…