Langsung ke konten utama

TAWA PUCO TUWO LAMO KERINCI YANG HAMPIR PUNAH



Puco merupakan ilmu tawa atau penawar obat yang turun-temurun dari zaman nenek moyang dahulu,yang bisa menyembuhkan,menundukkan,kekebalan terhadap senjata tajam dan memberi manfaat pada orang tua-tua terdahulu yang mengamalkan ilmu puco.
Puco atau ilmu tawa di Kabupaten Kerinci,Provinsi Jambi terletak di sebuah desa Punai Merindu Tanjung Pauh Mudik dan masih diamalkan oleh 
tetuo tetdahulu yang masih hidup hingga memberikan paedan atau manfaat bagi yang mengamalkannya,barangkali ruang lingkup ini masih diamalkan oleh setiap dusun-dusun yang ada di Kabupaten Kerinci.
Puco atau tawa tuwo lamo dahulu digunakan biasanya untuk berperang melawan penjajah belanda dan Puco tawa tuo lamo juga turun-temurun ketika anak cucunya merantai ke tempat lain diluar Kerinci.
Ilmu Puco tuwo dahin yang hampir punah ini perlu dilestarikan sebagai budaya dan tradisi masyarakat didesa Punai Merindu Tanjung Pauh Mudik dan tempat-tempat lain di daerah alam Kerinci.
Puco atau Tawa yang sering dibacakan sampai saat sekarang,mungkin persi dan bacaan kalimatnya berbeda-beda namun tujuannya tetap pada tujuan utama dari ilmu puco atau tawa orang tuo terdahulu.
Inilah isi makna dari ilmu puco dan tawanyo:
1.Rang senggirik,batamu sirih.orang dibako batamu ubat,yang manundo tarung de senggirik putuh nyawo putuh rago.siiiit rang senggirik rang sakti hu Alloh-Alloh.
2.Tunam dilayam munjadi besi,besi butembago munjadi lunak,hilang zat pado sifatnyo besi munjadi ai,tibo dibadan munjadi kayu,tibo dikepalo munjadi kapas,tibo di limpo munjadi batu allohu-allohu akbar.
3.Kerih taniang di gunung batuah bangkik parago panglimo gunung,muyarau idak busarak,mungimbau kayo rajo gunung batuah,turun hujie bupindah tempeik,turub berkat kupado tuboeh badan akau,taha segalo-segaloe berkah kalimat lailahaillalallah.
4.Saria sari muhammad aku pupuskan mato hati sianu,jadi kareno aku,aku jadi kareno Alloh hu Alloh.
5.Menyerai panglimo dari gunung rayo,basarai sarak,basarai hatai,angan mangambau tujoe panjuroe,baloek kubadan akau,salah kato gilo,salah niak calako,salah mungarai adat panglimo kincai.
6.Usholli ma'rifathulloh bumi ghairulloh
yang berakar turun kebumoe,ngan bapucok naik kalangat,akau mumakai bajoe besoe tibo diuhang bunaso hu Alloh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…