Senin, 13 Agustus 2018

ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS KERINCI


Kerinci merupakan salah satu fotensi lingkungan yang masih teramat fositif baik dari implakasi bisnis,sosial,ekonomi,pemerintahan dan kemasyarakatan sehingga penulis tertarik untuk meninjau tentang lingkungan strategis yang ada di wilayah toritorial pada pengembangan lingkungannya dengan analisis yang kongkrit,mudah dipahami dan dicerna.

Pendahuluan

Analisis lingkungan strategis adalah menyusun asumsi-asumsi strategis dan mengujinya dengan visi dan misi dan untuk memperoleh faktor-faktor penentu keberhasilan kinerja pemerintahan dan masyarakat,menyadari segala isu yang berdampak pada lingkungan dan implakasi lansung pada proses.Perencanaan analisis lingkungan strategia merupakan bagian dari komponen-komponen perencanaan sehingga dalam pelaksanaannya terletak pada posisi strategis selalu berada pada posisi yang menguntungkan.
Lingkup analisis meliputi:
a.Analisis lingkungan eksternal.
b.Analisis lingkungan internal.

Pembahasan
Analisis lingkungan eksternal mencakup pemahaman di berbagai sektor dengan faktor-faktor fositif dalam analisis lingkungan berupa memilah permasalahan yang global fungsi dan keterkaitannya antar bagian.Pengembangan strategis analisis ini dibutuhkan tidak hanya berbatas pada rincian analisis.
Lingkungan eksternal genaral:
-Pemerintah dan
-Sosial-ekonomi.
a. Faktor Pemerintah
Peran pemerintah dalam mekanisme penyampaian peran produk dari produsen kekonsumen dalam bisnis adalah sangat besar,campur tangan pemerintah dalam pengembangan nilai-nilai produk dan tidak dapat terhindari pada setiap rangkian kegiatan.
Pemerintah juga mempunyai otoritas dalam hal dalam peraturan atau berbagai komoditas yang terkandung didalamnya,komposisi penggunaan tenaga kerja dan pengendalian produk bisnis.
Peran pemerintah sangat dominan dalam penciptaan kesempatan dan terhindar dari ancaman terhadap kelangsungan lingkungan yang bebasis bisnis,yang ditimbulkan dari sektor pemerintahan.Pemerintah dapat berperan sebagai payung pelindung dari adanya faktor-faktor praktek yang tidak sehat terhadap lingkungan,berbagai kemunculan dari luar.Disamping pemerintah sebenarnya juga berkepentingan dengan tumbuhya industri dari kegiatan ekonomi domestic.
b.Faktor Sosial Ekonomi
Faktor sosial ekonomi mempengaruhi dan mencakup keyakinan,nilai,konsep,opini yang berkembang dan gaya gaya hidup dari orang-orang dilingkungan dumana faktor-faktor yang dikembangkan menjadi faktor gaya hidup kultural,ekologis,pendidikan dan kondisi etnis.
Beberapa contoh bagaimana faktor ekonomi dapat menimbulkan ancaman?
Pola pikir yang demikian terlalu sangat dominan,dalam sosial ekonomi tentu pemerintah sudah menanggulangi anacaman yang berupa kemerosyotan produk bisnis pada lingkungannya.

Analisis Lingkungan Internal
Analisis lingkungan internal  dalam bingkai SWOT analisis merupakan uraian dari dimensi kekuatan,kelemahan,ini adalah contoh identifikasi kekuatan dan kelemahan dari suatu unit analisis yang dipakai adalah wilayah umum,karena pendekatan analisis lingkungan strategis lebih banyak bersentuhan dengan tatanan dalam suatu wilayah.
Dengan adaya:
-Tingginya potensi daerah
-Letak strategis wilayah
-Banyaknya penduduk usia produktif yang berpendidikan
-Banyaknya lembaga pendidikan sosial,kesehatan,dan penelitian
-Letak Strategis wilayah
Dan juga tentu ada juga kelemahan kalau kita tinjau pada lingkungan:
-Terbatasnya lapangan Kerja
-Masih kurangnya apresiasi pada budaya lokal
-Rendahnya kualitas tenaga kerja
-Masih lemahnya pengelolan potensi cagar alam.

Deskripsi diatas hanyalah sebuah analogi,yang memudahkan kita untuk mengembangkan perangkat SWOT dalam menganailisis lingkungan strategis dalam rangka penyusunan suatu strategi atau perencanaan strategic lingkungan.
Pemanfaatannya atau penerapannya haruslah sesuai dengan kondisi objektif unit satuan yang akan dianalisis.Sebab prinsip analisis pada kenyaataan atau fakta-fakta sosial yang sedan terjdi tanpa memperhatikan setuasi-setuasi nyata lokal yang terjadi maka hasilnya analisis kita tetap akan mengambang yang pada akhirnya akan mempengaruhi efesiensi perencanaan lingkungan pada suatu daerah.
Semoga informasi ini semakin menambah wawasan kita dalam melakukan perencanaan dan dapat memberi konstribusi terhadap perkembangan suatu daerah/wilayah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...