Senin, 27 Agustus 2018

Bahaya main Hp(ponsel) pada saat tiduran.

                                                        Ilustrasi gambar 1.0

Para ahli dari ofcom mendapati delapan dari sepuluh orang kerap menggunakan perangkat  hp pada saat hendak tidur.Kebiasaan ini mengkuatirkan dapat memberikan pengaruh yang negatif(kurang baik).
Selain dapat menganggu keberadaan hp membuat kerap merasa was-was dan ingin selalu mengecek notifikasi masuk dalam hp.Hal ini dapat mengganggu kualitas tidur hingga membuat seseorang insomesnia.

Dr.Guy Meadows,spesialis insomania dari the sleep school,london menyebutkan akan lebih baik jika sesaat sebelum tidur orang tidak lagi menggunakan hp,bahkan Dr.Meadows menyebut ia biasanya meletakkan hp nya jauh dari tempat tidur saat malam hari.

Yang menjadi kontraversi,banyak orang yang merasa pusing dan sakit kepala tiap kali menggunakan hp sesaat sebelum tidur.Hal ini tidak lepas dari cahaya hp yang terlalu terang sehingga membuat mata bekerja ekstra.

Dr.Charles Czeisler,seorang frofesor kedokteran di Haruad Univercity menyebut cahaya hp dapat merangsang sel-sel di retina,daerah dibelakang mata yang mentrasmisikan pesan ke otak untuk bekerja lebih keras.Sel-sel peka cahaya menginformasikan tubuh kita untuk tetap merespon cahaya.

Kebiasaan ini dapat membuat perasaan hormon melatonim yang membuat anda merasa mengantuk.Semua cahaya buatan baik dari bola lampu,neon,hingga cahaya hp diperkirakan menghambat pelepasan melatonim sehingga membuat sesorang terjaga lebih lama,ucap Dr.Meadows seperti dilangsir Daily Mail.

Cahaya dari hp kemungkinan besar memiliki efek yang lebih besar.Cahaya yang dihasilkan hp,tablet dan alat electronik mengandung unsur warna biru yang memiliki kemampuan lebih besar dalam menstimulasi otak.

Pigmen melanopsis,saraf yang terdapat diretina mata sangat sensitif terdapat paparan warna biru,ucap Frofesor Debra Skene.Seorang ahli neouroen docritologist univercity of surrey.

Hal ini yang membuat kita lebih tertarik mengecek pemberitahuan di hp dibandingkan membaca buku.Sebenarnya layar tv dan laptop juga mengandung unsur biru yang dominan,meski pengaruhnya tidak sesahsyat cahaya dari hp.

BAHAYA YANG DITIMBULKAN DARI PONSEL(Hp)SAAT SAMBIL TIDURAN


*Mata lelah
*Katarak
*Insomnia
*Tubuh cepat lelah
*Kualitas tidur memburuk
*Kanker mata
*Terkena paparan radiasi
*Stress
*Kebutaan
*Gelisah
*Otak bekerja dengan lamabat
*Mata kering
*Bungkuk

Menakutkan bukan?Ternyata satu benda dapat menyebabkan banyak penyakit.Jadi gunakanlah ponsel(Hp)anda sebijak mungkin,gunakan Ponsel(Hp)ketika dibutuhkan dan digunakan.
"Semoga bermanfaat bagi anda".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerpen|Diungkap dari kisah nyata, Wisuda di balik jeruji penjara

DI UNGKAP DARI KISAH NYATA| TOGA WISUDA DI BALIK JERUJI PENJARA Malam tak terasa telah menyelimuti tubuh G,angin malam mulai menyeka p...