Minggu, 19 Agustus 2018

Dedukunan,Sihir,dan Ilmu Nujum Wacana,

Assalamua'alaikum wr wb.
Juduk kali ini penulis ingin memaparkan tentang dedukunan,sihir dan Ilmu Nujum menurut pendapat Islam.

Dalam bahasa arab dedukunan disebut dengan Alkhanah yaitu memberitakan hal-hal yang ghaib yang terjadi,dan mengaku mengetahui yang gahib dan mengira Jin yang memberitahu padanya orang ini disebut"KAAHAIN".
Ilmu Nujum dalam bahasa arab disebut dengan"Attyiarah"merasa sial,apes dan bernasib jelek karena sesuatu.Ilmu Nujum ini disebu juga dengan Ilmu Binatang yaitu:Menebak kejadian-kejadian yang akan datang disandarkan pada perjalanan bintang,maka siapa yang mengaku mengetahui dinamakan fasiq dan juga bisa juga menyebabkan kufur.
Sihir memberi perayaan khayal yang dapat mempengaruhi badan dan penyakit,gila bahkan ada kalanya maut dan kesemuanya itu haram bahkan termasuk dosa besar sebab adakalanya menyebabkan kekafiran.
Assyafi'i berkata pembunuhan dengan sihir harus di balas dengan hukum bunuh.
Abu Hanifah berkata:
Seseorang ahli sihir jika telah diketahui karena pengakuannya atau ada bukti dapat dihukum bunuh,dan tidak dapat diterima keterangannya sendiri jika ia berkata saya tinggalkan sihir dan saya akan bertaubat.
Abu Hanifah ketika ditanya:
Mengapakah ahli sihir itu disamakan denga. murtad yang dapat diterima taubatnya?
Jawab Sebab ia menghimpun antara kekafiran dan merusak orang yang sedemikian hukumnya dibunuh secara mutlak.
Diriwayatka. bahwa seorang wanita datang kepada siti aisyah r.a dan berkata: Aku ahli sihir,apakah dapat beryaubat?Siti Aisyah bertanya bagaimana sihirmu?.
Jawab dahulu saya pergi ketempat harut dan marut untuk belajar sihir keduanya berkata:
Hai hamba Allah jangan mengutamakan siska akherat karena kepentingan dunia tetapi saya tetap menolak nasehat itu,lalu berduanya berkata kepada aku:Pergilah dan kencinglaha dalam debu itu,maka saya pergi untuk kencing  maka timbul fikiran gagal dan saya,lalu saya segera kembali pada keduannya menasehati aku.
Bertaqwalah pada Allah dan janganlah belajara sihir ,tetapi saya tetap akan belajar,maka keduanya berkata pergilah kencinglah,maka aku pergi dan kencing dalam abu itu.tiba-tiba saya melihat seorang laki-laki gagah berpakaian besi keluar dari kemaluanku lalu naik kelangit,maka aku kembali pada kedua orang  itu harut dan marut.
Keduanya berkata:
Itu Imanmu yang keluar dari padamu dan kini kamu sudah pandai sihir,lalu saya tanya,bagaimana?
Jawabnya ; Jika anda invin sesuatu bayangkanlah dalam perasaanmu pasti terjadi.Maka saya coba membayangkan biji kemudian tanaman itu tumbuh dengan seketika,lalu tertumbik menjadi tepung,lalu menkadi roti,dan segalanya yang kuingin kman segala yang aku inginkan terjadi .
Siti Aisyah r.a berkata:tidaka ada obat bagimu.
Abu Hurairah berkata Rasulallah saw bersabda:
"Tinggalkanlah tuhuh dosa besar yabg akan membinasakanmu" Sahabat bertanya:Apakah itu Ya Rasulallah"
Jawab Rasulallah saw:
1 Syirik terhadap Allah
2.Sihir(Tenung)
3.Membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan hak.
4.Makan Riba'
5.Makan harta anak yatim.
6.Lari dari perang
7.Dan menuduh wanita mu'minat(wanita yang taat,sopan)dengan tuduhan zina.(HR.Bukhari dan Muslim).

"Siapa yang mengikat tali lalu menipunya,maka ia telah berbuat sihir,dan siapa yang berbuat sihir maka ia berbuat syirik.Dan barangsiapa yang mengantungkan dirinnya diserahkan kepadanya(siapa yang menggantung diri pada sesuatu,diaerahkan oleh Allah pada sesuatu itu(HR.An-nasa'i).
" Siapa yang pergi pada tukang tebak,atau dukun lalu ia percaya(yakin)pada keterangannya berarti telah kafir terhadap apa yang diturunkan pada nabi Muhammad s.a.w(HR.Abu Dawud,Attirmidzi,Annasa'i,Ibnu Majah dan Alhakim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...