Langsung ke konten utama

Dedukunan,Sihir,dan Ilmu Nujum Wacana,

Assalamua'alaikum wr wb.
Juduk kali ini penulis ingin memaparkan tentang dedukunan,sihir dan Ilmu Nujum menurut pendapat Islam.

Dalam bahasa arab dedukunan disebut dengan Alkhanah yaitu memberitakan hal-hal yang ghaib yang terjadi,dan mengaku mengetahui yang gahib dan mengira Jin yang memberitahu padanya orang ini disebut"KAAHAIN".
Ilmu Nujum dalam bahasa arab disebut dengan"Attyiarah"merasa sial,apes dan bernasib jelek karena sesuatu.Ilmu Nujum ini disebu juga dengan Ilmu Binatang yaitu:Menebak kejadian-kejadian yang akan datang disandarkan pada perjalanan bintang,maka siapa yang mengaku mengetahui dinamakan fasiq dan juga bisa juga menyebabkan kufur.
Sihir memberi perayaan khayal yang dapat mempengaruhi badan dan penyakit,gila bahkan ada kalanya maut dan kesemuanya itu haram bahkan termasuk dosa besar sebab adakalanya menyebabkan kekafiran.
Assyafi'i berkata pembunuhan dengan sihir harus di balas dengan hukum bunuh.
Abu Hanifah berkata:
Seseorang ahli sihir jika telah diketahui karena pengakuannya atau ada bukti dapat dihukum bunuh,dan tidak dapat diterima keterangannya sendiri jika ia berkata saya tinggalkan sihir dan saya akan bertaubat.
Abu Hanifah ketika ditanya:
Mengapakah ahli sihir itu disamakan denga. murtad yang dapat diterima taubatnya?
Jawab Sebab ia menghimpun antara kekafiran dan merusak orang yang sedemikian hukumnya dibunuh secara mutlak.
Diriwayatka. bahwa seorang wanita datang kepada siti aisyah r.a dan berkata: Aku ahli sihir,apakah dapat beryaubat?Siti Aisyah bertanya bagaimana sihirmu?.
Jawab dahulu saya pergi ketempat harut dan marut untuk belajar sihir keduanya berkata:
Hai hamba Allah jangan mengutamakan siska akherat karena kepentingan dunia tetapi saya tetap menolak nasehat itu,lalu berduanya berkata kepada aku:Pergilah dan kencinglaha dalam debu itu,maka saya pergi untuk kencing  maka timbul fikiran gagal dan saya,lalu saya segera kembali pada keduannya menasehati aku.
Bertaqwalah pada Allah dan janganlah belajara sihir ,tetapi saya tetap akan belajar,maka keduanya berkata pergilah kencinglah,maka aku pergi dan kencing dalam abu itu.tiba-tiba saya melihat seorang laki-laki gagah berpakaian besi keluar dari kemaluanku lalu naik kelangit,maka aku kembali pada kedua orang  itu harut dan marut.
Keduanya berkata:
Itu Imanmu yang keluar dari padamu dan kini kamu sudah pandai sihir,lalu saya tanya,bagaimana?
Jawabnya ; Jika anda invin sesuatu bayangkanlah dalam perasaanmu pasti terjadi.Maka saya coba membayangkan biji kemudian tanaman itu tumbuh dengan seketika,lalu tertumbik menjadi tepung,lalu menkadi roti,dan segalanya yang kuingin kman segala yang aku inginkan terjadi .
Siti Aisyah r.a berkata:tidaka ada obat bagimu.
Abu Hurairah berkata Rasulallah saw bersabda:
"Tinggalkanlah tuhuh dosa besar yabg akan membinasakanmu" Sahabat bertanya:Apakah itu Ya Rasulallah"
Jawab Rasulallah saw:
1 Syirik terhadap Allah
2.Sihir(Tenung)
3.Membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan hak.
4.Makan Riba'
5.Makan harta anak yatim.
6.Lari dari perang
7.Dan menuduh wanita mu'minat(wanita yang taat,sopan)dengan tuduhan zina.(HR.Bukhari dan Muslim).

"Siapa yang mengikat tali lalu menipunya,maka ia telah berbuat sihir,dan siapa yang berbuat sihir maka ia berbuat syirik.Dan barangsiapa yang mengantungkan dirinnya diserahkan kepadanya(siapa yang menggantung diri pada sesuatu,diaerahkan oleh Allah pada sesuatu itu(HR.An-nasa'i).
" Siapa yang pergi pada tukang tebak,atau dukun lalu ia percaya(yakin)pada keterangannya berarti telah kafir terhadap apa yang diturunkan pada nabi Muhammad s.a.w(HR.Abu Dawud,Attirmidzi,Annasa'i,Ibnu Majah dan Alhakim).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…