Senin, 20 Agustus 2018

KAYU KULIT MANIS KHAS ALAM KABUPATEN KERINCI

Kayu Manis merupakan salah satu kayu yang memiliki aset terbesar di Kabupaten Kerinci,Jambi yang ditanam di sejumlah wilayah hutan tropis di Kabupaten Kerinci Jambi,dengan demikian kulit manis merupakan swadaya hutan masyarakat di Kabupaten Kerinci yang terdapat pada hutan Renah Kayu Embun,Lempur dan Siulak.Hal ini memiliki dampak yang fositif bagi masyarakat yang mengelolaKayu kulit manis yang mempunyai nilai ekspor yang begitu sangat luar biasa dari dulu.
Penulis ingin memaparkan tentang Komposisi yang terdapat dalam kayu kulit Manis sebagai berikut:
Cinnamomum menurut gillferr departemen of of agrigultura Br.Salamon 1971 pada tabel berikut:
Cinna Momum Burmanni
Karakteristik         komposisi
Kadar air.                 7,9%
Minyak afsitri.          3,4%
Alcohol Ekstrak.      8,2 %
Abu                             4,5%
Abu Larut Air.            2,23%
Serat Kasar.               29,10%
Karbohidrat.               4,2 %
Enter Ekstrak
yang tidak terbang.    
Bj rata-rata.                    1,02- 1,07 %

Manfaat Kayu Manis
Kulit Kayu Manis adalah jenis rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bahan pemberi aroma makanan dan minuman dan bahan aditif pada pembuatan farfum serta obat-obatan.
Sebagai Anti Mikroba
Kayu Manis yang terdiri dari uebenol dan cinanal dehide memiliki daya bunuh terhadap mikrodrbanisme dalam uji coba disebuah laboratorium minyak Cinnamon dan mapu membunuh rekehesial microrganisme berbentuk bakteri tetapi bersifat virus penyebab penyakit tpypus dalam waktu 12 menit.
Produk Olahan Kayu Manis
Produk kayu manis baikcylon cassia,biasanya diperdangangkan dalam bentuk kulit kering,penggunaan kulit.
Kayu Manis,bisa berupa kulit untuk bumbu masakan misalnya gulai kambing,biasa juga dalam bentuk serbuk.Tetapi pemanfaatan kayu manis secara modern biasanya dalam bentuk minyak astiri maupun oleorsin minyak.Destilasi dan serbuk kulit manis atau bagian tanaman lainnya sementara oleorsin adalah hasil ekstrasi dari serbuk tersebut nilai dengan oleirsin lebih tinggi dibanding minyak astirinya.Sebab dalam oleorsin selain terkandung minyak astiri juga terikut pula rasa pedas dari produk yang di ekstrak.


                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...