Rabu, 22 Agustus 2018

KEUTAMAAN BERKURBAN


Dari Aisyah r.a Rasullallah s.aw bersabda:
"Tidaklah anak cucu adam mengerjakan suatu amalan yang lebih dicintai Allah pada hari raya qurban dari pada mengucurkan darah(penyembelihan hewan kurban).Sesungguhnya hewan itu akan datang pada hari kiamat kelak dengan tanduk,bulu dan kukunya.Adapun darah tersebut akan turun dari Allah pada suatu tempat sebelum turun kebumi,maka sucikanlah jiwa dengannya(qurban)." (HR.Tarmidzi).

Dibolehnya berkurban satu hewan untuk beberapa orang
Jika berkurban itu beberapa unta atau lembu,maka satu unta bisa dibuat untuk qurban bagi tujuh orang.Hal ini sama juga berlaku pada lembu.Dalil yang menjadi landasan masalah ini adalah hadits yang diriwayatkan dari Jabir r.a dimana ia mengatakan:
"Kami pernah menyembelih qurban bersama Rasulallah di  Hudaibiyah,yaitu satu unta untuk tujuh orang satu lembu untuk orang pula". (HR.Muslim)
Yakni satu hewan qurban bisa dibuat untuk satu keluarga.
Dari Ayyub,ia menceritakan" Pada masa Rasulallah s.a.w ada seorang dari Hudaibiyah yang berkurban satu unta untuk orang,dan satu lembu untuk tujuh orang pula.(HR.Abu Dawud Tirmidzi).
Akhir Waktu Penyembelihan
Akhir waktu penyembelihan hewan qurban adalah pada akhir hari tasryik.Hal ini sebagaimana yang Sabdakan Rasulallah s.a.w dalam hadits dari Jubair bin Muth'im:
"Seluruh hari tasriq adalah waktu penyembelihan". (HR.Ahmad dan Ibnu Hibban).
Hukum menyatukan qurban dengan Aqiqah:
Para ulama penganut Imam Hanbali mengatakan" Jika hari raya Idul Adhha bertepatan dengan hari aqiqah,maka dimungkinkan untuk menyembelih satu hewan saja untuk qurban sekaligus aqiqah.Sebagaimana jika hari raya bertepatan dengan hari Jum'at,maka mandi sekali bagi keduanya.
Pembagian daging qurban
Para ulama mengatakan,bahwa yang lebih afdhal bagi orang yang berqurban adalah memakan dagingnya sepertiga,menyedekahkannya sepertiga,dan menyimpannya sepertiga.Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulallah s.a.w:
"Makanlah sedekahmu dan simpanlah". (HR.Baihaqi).
Diperbolehkan menjual kulitnya dan menyedekahkannya uang hasil penjualan tersebut diperbolehkan juga membelanjakannya untuk sesuatu yang bermanfaat baginya dirumah.

Shalat dan berqurban tanda bersyukur pada nikmat Allah Azza Wa Jalla.
Sebagaiman dalam Al-Qur'an surah Al-Kautsar Ayat 2:
" Maka dirikanlah Shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Get to know women who are to be proposed in Islam

 KNOWING WOMEN   WHICH WILL BE HUNGER   BEFORE MARRIAGE.   Application is the first step of a marriage. This has been prescribed b...