Senin, 20 Agustus 2018

KEUTAMAAN SURAT AL-FATIHAH DAN SURAT AL-KAHFI


Dari Abu Hurairah Radhiyallahhu Anhu,dia menceritakan,Rasulallahlah S.a.w pernah keluar dan mendatangi Ubai bin Ka'ab.Lalu Rasulallah S.a.w mendatanginya lalu Rasulallah S.a.w memanggilnya"Hai Ka'ab"yang pada saat itu dia sedang mengerjakan shalat.Ubai bin Ka'ab menoleh tetapi tidak memberi jawaban kepada beliau.Kemudian dia melanjutkan shalatnya dan mengecilkan suaranya.
Setelah selesai shalat Ka'ab menemui Rasulallah s.a.w seraya mengucapkan"Assalamua'alaika Ya Rasulallah",Rasulallah menjawab" Wa Alaikasssalam",apa yang menghalangimu ketika aku memanggil-MU?
Ya Rasulallah,aku sedang mengerjakan shalat,"jawab Ka'ab.Kemudian beliau berkata"Tidakkah engkau dengar ayat yang diwahyukan kepadaku,"Penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul jika apabila Rasul menyeru kalian pada suatu yang memberi kehidupan kepada kalian."Ka'ab menjawab:"Ya aku mendengarnya,dan Insya Allah aku tidak mengulanginya lagi.Selanjutnya beliau berkata"Maukah kamu aku berikan suatu surah yang tidak diturunkan didalam Taurat,Injil,Zabur,mauupun Al-Furqon surah seperti-NYA?"Mau ya Rasulallah."Maka beliau pun bertutur:Apa yang engkau baca dalam shalat?Lalu Abu Hurairah melanjutkan ceritanya,maka Ka'ab membacakan Surat Al-FATIHAH.Selanjutnya beliau bersabda :Demi Allah,yang jiwaku berada didalam-NYA,sesungguhnya tidak diturunkan didalam Taurat,Injil,Zabur dan juga Al-qur'an suatu surah yang menyerupainya.Ia adalah :"SAB'UL MATSANI ALQUR'AN dan Al-dhim yang aku berikan yang diturunkan kepadaku
(HR.Tirmidzi).
Imam Tirmidzi menghasankan hadits ini.
Dari Abu Sa'id bin Mua'alla,dia menceritakan,ketika aku sedang mengerjakan shalat."Maukahbaku ajarkan kepadamu suatu surah yang paling agung dalam Alqur'an sebelum kamu keluar dari masjid ini?Setelah itu Abu Zaad mengatakan,kemudian mereka mengandeng tanganku dan sebelum keluar dari masjid aku katakan:"Ya Rasulallah,bukan kah engkau akan mengatakan padaku tentang suatu surah yang paling agung didalam Al-qur'AN?"Beliau membacakan" ALHAMDULILLAH RABBIL ALAMIN",ia adalah SABA'UL MATSANI dan Al-qur'an -Aladhim yang diturunkan kepadaku.(HR.Bukhari).
Abu Ubaidah mengatakan masing-masing surah dalam Al-qur'an mempunyai nama,diantaranya Surah Al-Fatihah dinamakan Ummul Kitab,karena ia sebagai awal surat dalam Al-qur'an,dan senantiasa dibaca berulang-ulang pada setiap shalat.Dan diaebut FHATIHATUL KITAB karena ia sebagai surat pemuka.
Ada juga yang mengatakan disebut Ummuk Kitab karena ia sebagai titik permulaan dan sekaligus sebagai induk.
Sebagian ahli tafsir mengatakan,mengenai pendapat bahwa surah Al-Fatihah lebih tepat disebut sebagai Fatahihatul Kitab dan bukan Ummul Kitab,diberikan jawaban babwa kata"Al-Umum"berarti titik permulaan bagi kata Al-Umm Kitab karena surah ini mencakup berbagai makna yang terkandung didalam Al-qur'an,baik yang berupa pujian,penerapan,amar ma'ruf nahi munkar,perjanjian maupun ancaman.
Mengenai hadits Abu Hurairah berkata,"Maukah kamu aku beritahukan suatu surah yang tidak diturunkan dalam Taurat,Injil,Zabur maupu Al-Furqon surah seperti-NYA?
Ibnu Tin mengatakan bahwa pahala yang ada padanya lebih besar dari surah-surah lainnya."Selanjut Ibnu Tin menjadikan hadist tersebut dari surat-surat lainnya."Maka Ibnu Tin menjadikan hadist tersebut sebagai dalil diperolehkannya pengutamaan suatu surah atas surah lainnya.
Alkhuttabi mengatakan,dalam sabd Rasulalah s.a.w"ia adalah sab'ul matsani dan Al-qur'an Al-Adhim yang telah diturunkan padaku ,"Bahwa dalil yang menunjukkan bahwa Al-Fatihah merupakan Al-qur'an Al-Adhim.Huruf Wawu dalm hadits tersebut bukan merupakan "Athaf"(Penyambung kata)yang tidak memisahkan antara dua hal kata,seperti firman Allah" Buah-buahan,kurma,dan delima"demikian juga dengan dengan firman-NYa yang lain,"Malaikat,Rasul,Jibril,dan Mikail".
Dari Abu Malik bin Umar r.a dia menceritakan Rasulallah saw telah bersabda mengenai Fathihatul Kitab,Alfatihah merupakan penyembuh bagi yang semua penyakit(HR.Ad-Darimi).
2.Keutamaan Surah Al-Kahfi
Dari Al-Barra r.a,dia menceritakan:Ada seseorang yang membaca surat Al-Kahfi disampingnya seekor kuda terikat dua tali,lalu dia diliputi awan,kemudian awan tersebut semakin mendekat dan terus mendekat.Sedangkan kudanya lari,ketiga pagi hari tiba,Rasulallah s.a.w datang,maka ia segera menceritakan peristiwa itu,lalu beliau berkata:"Yang demikian itu adalah ketenangan yang diturunkan bersama bacaan Alqur'an.(HR.Bukhari dan Tarmidzi).
Imam Tirmidzi menshahihkan hadits ini.
Dari Abu Darda r.a dari nabi s.a.w,beliau bersabda:
"Barang siapa membaca tiga kali dari awal surah Al-Kahfi,maka dia akan dilindungi dari fitnah dajjal" (HR.Muslim,Annasa'i dan Tirmidzi).
Dari Abu Said Al-khudri r.a dia mengatakan"Barang siapa membaca surah Al-Kahfi pada malam Jum'at,maka dia akan disinari diantara dirinya dengan  ka'bah(HR.Ad-Darimi dan Baihaqi).

Dari Ibnu Umar r.a,dia menuturkan"Barang siapa membaca surah Al-Kahfi pada malam Jum'at,maka ia akan dipancarkan cahaya langit yang akan menyinarinya pada hari kiamat kelak serta diberikan ampunan baginya dosa yang dilakukan antara dua Jum'at(HR.Ibnu Marwadih).
Dari Ibnu Abbas r.a,dia mengatakan"Barang siapa membaca surah Al-Kahfi pad hari Jum'at maka ia akan diterangi sinar antara langit dan bumi(HR.Al-Hakim dan Baihaqi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerpen|Diungkap dari kisah nyata, Wisuda di balik jeruji penjara

DI UNGKAP DARI KISAH NYATA| TOGA WISUDA DI BALIK JERUJI PENJARA Malam tak terasa telah menyelimuti tubuh G,angin malam mulai menyeka p...