Rabu, 29 Agustus 2018

Khasiat buah "Tin"untuk kesehatan dan kebugaran tubuh

Didalam Al-Qur'an Allah Azza Wa jallla menyebutkan tentang buah tin(Qs At-Tin :1-2).
Artinya :"Demi buah tin dan buah zaitun dan demi bukit sinai".
Apa sebenarnya yang terkandung dalam buah tin sehingga Allah Swt membuat catatan khusus,lantas apa manfaat dan kandungan,khasiat dan manfaat buah tin bagi kesehatan?
Dari enam buah tin dengan nama lain buah fig,memiliki 891 mg(meligram) potasium yang dapat menurunkan tekanan darah,sedikitnya ada 20 persen dari kebutuhan harian anda dan sekitar 40 persen dari satu buah pisang yang besar.Dalam sebuah penelitian selama lima tahun di Netherland,makanan yang paling tinggi kandungan potasium yang dihubungkan dengan menurunnya tingkat kematian dari berbagai jenis penyakit yang biasa diderita pada usia 55 tahun keatas.

Selain itu anda akan memperoleh kekuatan untuk tulang anda,buah tin merupakan salah satu dari banyak buah yang merupakan sumber terbaik kalsium,sedikitnya enam buah tin setara dengan setengah cangkir susu tampak lemak.

Buah ini pada permukaannnya kering dan buah tin terasa berat ditangan.Buah tin yang masak agak mengalami retak dan buah bagian dalam kleuar.Anda bisa menyajikannya dengan mencampur yogurt oatmeal atau salad.

Buah tin atau ficus carika dipercaya sebagai firuit from faradise,buah suci dari tanaman surgawi,bukan tanpa alasan selain dari rasanya yang segar,dan lezat,buah ini disebutkan dalam hadist Rasulallah s.a.w yang diriwayatkan oleh Abu Darda r.a.
Dalam hadist ini dikisahkan Rasulallah s.a.w diberi buah tin dan memakannya,lalu beliau bersabda :
"Jika engkau berkata ada buah yang diturunkan dari surga,maka aku bisa katakan buahnya,karena sesungguhnya buah tanpa biji,ole karena itu makanlah,karena buat tin ini dapat menyembuhkan wasir dan encok(HR.Abu Darda)".
Vieratur sejarah mencatat kalau buah tin berasal dari Arab dan sudah sejak 400 tahun sebelum masehi(SM).Sekarang blpohin ini sudah banyak tumbuh dan dibudidayakan secara modern dinegara-negara timur tengah didaerah Materia Persia dan bahkan di Indonesia.

Buah tin yang mentah dan matang sama lezatnya berbeda dengan buah-buah yang ada,buah tin berwarna kehijauan seiring matangnya buah menjadi ungu kehitaman atau kekuningan sesuai dengan varioritasnya.Buahnya bisa dikonsumsi sebagai olahan sayur(jika buahnya masih muda).Jika buah tin yang sudah matang sangat lezat dikonsumsi sebagai hidangan meja makan dan meja ruang tamu.
Tingginya kandungan protein,menjadikan buah ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan baku selai,jelly dan jam.Maupun marmalade dengan rasa yang lezat dan keharuman yang khas.

MANFAAT DAN KANDUNGAN GIZI BUAH TIN
Menurut Frof.Dr.Ir.Ali Khomsan buah-buahan merupakan sumber sehat terbaik.Serat dari buah-buahan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan terutama buah tin dengan mengkonsumsi banyak serat dan juga dapat mengikat zat karsitogen pemicu timbuknya kanker dan saluran cerna.
Dalam penelitian lain disebutkan bahwa buah-buahan juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan bagi kesehatan diantaranya:
* Omega-3
* Omega-6

KELEBIHAN YANG LAIN YANG TERKANDUNG PADA BUAH TIN
*Rendah lemak
*Rendah Sodium dan
*Kolestrol
Sehingga sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes melitus.

BERAGAM VITAMIN YANG TERKANDUNG DALAM BUAH TIN
*Setiap 100 gr buah tin mengandung vitamin A dan vitamin C.
*Kalsium 
* Zat Besi
*Serta Kalium
Mineral yang bersifat diuretik sehingga membantu tubuh mengeluarkan garam pada tubuh.
Saat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi,vitamin dan mineral ini sangat diperlukan tubuh untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh kita,"sungguh buah TIN buah yang kaya faedah dan manfaatnya".


Semoga penulisan artikel tentang manfaat dan khasiat dari buah TIN berfaedah bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Social and cultural geographic background of socially

SOCIAL AND CULTURAL GEOGRAPHIC BACKGROUND OF SOCIALLY    Kerinci Regency which is also called Sakti Alam Kerinci is a plateau ...