Selasa, 28 Agustus 2018

Manfaat jambu biji dan zat yang terkandung didalamnya

Mengenai istilah masing-masing orang-orang menamakan buah jambu biji ini dengan nama buah klutuk,jambu biji merah,jambu batu,jambu biji dan masih banyak lagi penamaannya tergantung dari masing-masing daerah.
Tahukah kamu?Jambu biji dengan nama lain"psisidium guajava"atau sering juga disebut jambu batu,jambu ski,jambu klutuk adalah tanman tropis yang berasal dari Amerika Tengah dan sebagian sumber mrnyebutkan dari Brazil,buah ini disebarkan ke Indonesia melalui Thailand.
Pohon jambu biji merupakan tanaman perdu banyak bercabang,tanaman ini dapat tumbuh baik didaerah rendah maupun dataran tinggi,tingginya mencapai 12 meter dan besarnya jambu biji bervariasi dari yang berdiameter 2,5 meter sampai dengan lebih dari 10 cm,jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau cagak kekuning-kuningan jika setelah matang.Dengan daging buah berwarna putih dan merah dan berasa asam dan manis.

Diantara berbagai jenis buah jambu biji mengandung vitamin C dan yang paling tinggi vitamin A.Dibanding dengan buah-buahan lainnya seperti jeruk manis yang mempunyai kandungan vitamin C 49 mg/100 gram bahan kandungan vitamin C jambu biji dua kali lipat lebih banyaka.

BERIKUT INI ADALAH KANDUNGAN GIZI DALAM 100 GRAM JAMBU BIJI
Kandungan       Jumlah    Kandungan
-Energi             49,00 gr    Vitamin A
-Protein           0,90 gr       Vitamin B2
-Lemak            O,30 gr       Vitamin B2
-Karbohidrat   12,20 gr      Vitamin C
-Kalsium          14.00 mg    Miacin
-Fosfor             28.00 mg     Serat
-Zat Besi          1,10 mg        Air
Jumlah 
-25 SI mg
-0,05 mg
-87 mg
-0,04 mg
-1,10 mg
- 5,60 gr
-86 gr
Bagian yang dapat dimakan 82 %.
Sumber 
1.Dra.Emma S.Wirakusumah,M,sc
(Buah dan sayur terapi).
2.Ditjen tanaman pangan dan hortikultura,1996.

Jambu biji juga mengandung tanin,yang menimbulkan rasa sepat pada buah tetapi juga berfungsi melancarkan sistem pencernaan,sirkulasi darah dan berbentuk untuk melawan virus.

Selain itu juga,jambu biji juga mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung,mengaktifkan kontraksi,mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya kesel tubuh.Mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan dan sel tubuh,mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan dan sel tubuh serta penurunan kadar kolestrol total dan trigliserida darah,serta menurunkan tekanan darah tinggi(hipertensi).

Menurut Dr.Jankes Cerda dengan memakan dan mengkosumsi 0,5-1 kg jambu biji perhari selama empat minggu resiko terkena penyakit jantung semakin berkurang sebesar 16 persen.

Dalam Jambu biji juga ditemukan likopen yaitu zat nirgizi potensial lain selain serat.
Lukopen adalah : Karotenoid(pigmen penting dalam tanaman)yang terdapat dalam darah(0,5 mol per liter darah),serta memiliki aktivitas anti-oksidan.

Riset-riset epidomologis likopen-likopen pada study yang dilakukan peneliti Italia,mencakup 2.706 kasus kanker rongga mulut,tekek,kerongkongan,lambung,ususus besar dan dubur jika mengkonsumsi likopen yang meningkat khususnya pada jambu biji uang daging buahnya berwarna merah,berbiji banyak dan terasa manis mempunyai efek memberikan pelindungan pada tubuh dari beberapa jenis kanker.
Jambu dimanfaat biji untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mencegah munculnya kanker,memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit,meningkatkan kesehatan gusi,gigi dan pembuluh peapiker serta membantu penyerapan zat besi dan penyembuhan luka.Jambu biji juga berkhasiat anti radang,anti diare dan menghentikan peradangan misal penderita demam berdarah dengue(DHF).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sastra Lisan Kerinci

  SASTRA LISAN DI KERINCI Berdasarkan faktor geografis-Nya Kerinci adalah daerah yang strategis, bentuknya yang seperti kuali yang dat...