Kamis, 30 Agustus 2018

Manfaat mengkonsumsi buah mangga bagi kesehatan

Kendati bentuk ukuran,warna dan citara rasa buah mangga beragam dari segi gizi semuanya hampir tidak jauh berbeda.
Mangga ranum segar mengandung air sekitar 82 persen,vitamin C 41 mg dan energi/kalori 73 kalori per 100 gram.Pada setiap 100 gram mangga muda,mangga yang masih mentah terkandung air lebih kurang 84 persen vitamin C 65 persen dan energi 66 kalori.Energi dalam mangga muda rendah,karena lebih banyak mengandung zat pati,yang akan berubah menjadi gula dalam proses pematangan.
Sebagian besar energi mangga berasal dari karbohidrat berupa gula yang membuatnya terasa manis.Kandungan gula ini didominasi oleh golongan sukrosa,kandungan gula dalam mangga berkisar 7-12 persen namun jenis mangga manis mencapai 16-18 parsen.

Antioksidan mangga pun merupakan sumber beta karoten,kalium dan vitamin C.Beta karoten adalah : Zat yang didalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A(zat gizi)yang penting untuk fungsi retina,beta karoten dan vitamin C juga tergolong antioksidan senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker,karena dapat menetralkan radikal bebas.Radikal bebas adalah molekul-molekul stabil yang dihasilkan oleh berbagai froses kimia normal tubuh.Radiasi matahari dan kosmis,asap rokok,dan pengaruh lingkungan-lingkungan lainnya.

Didalam tubuh mayoritas radikal bebas berasal dari proses kimia komplek saat oksigen digunakan dalam sel.Radikal-radikal bebas yang secara kimiia tidak lengkap tersebut dapat mencuri partikal dari molekul-molekul yang lain.Ia kemudian menghasilkan senyawa-senyawa normal dan mebuat reaksi berantai yang dapat merusak sel,dengan menyebarkan perubahan mendasar pada materi ginetis dan bagian-bagian penting lainnya.
Sederhana saja cara radikal bebas merusak sel-sel tubuh sama dengan proses oksigen menyebabkan kertas  berubah menjadi kuning atau menteha berubah menjadi tengik.,zat-zat gizi antioksidan seperti beta-beta karoten dan vitamin C,membuat radikal bebas tak berbahaya dengan menetralkannya.

Zat-zat gizi antioksidan itu terkandung melimpah pada buah mangga.Kandungan beta-karoten dan vitamin A,karbo hidrat,energi dan air, dan beberapa macam mangga tiap 100 gram dapat dilihat pada beberapa library.

VITAMIN C
Dsamping berfungsi sebagai antioksidan,vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memicu kesehatan pembuluh-pembuluh kapilar kesehatan gigi dan gusi.Ia mampu membantu penyerapan zat besi dapat menghambat produksi matro samin,satu zat pemicu kanker.Vitamin C mampu pula membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu penyembuh luka.
Kandungan vitamin C mangga cukup banyak diperhitungkan.Setiap seratus gram bagian mangga masak yang dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg,mangga muda bahkan hingga 65 mg  berarti dengan mengkonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram 1/2 buah ukuran kecil.

Kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa perhari masing-masing 60 mg dapat terpenuhi.

Satu penelitian menunjukkan bahwa bila seseorang menambahkan sepotong tinggi kalium kedalam pola makanan sehari-hari resiko terkena stroke fatal,dapat dikurangi sebesar 40 persen.

Konsumsi ekstra kalium sebanyak 400 mg kemungkinan mendapat penyakit jantung,kalium terdapat melimpah pada mangga tiap 100 gram,mangga terkandung kalium 189 mg.Dengan mengkonsumsi sebuah mangga harum dan manis ukuran sangatbkecil menimal 250 gram,atau sebuah mangga gedon ukuran  200-250 gr,kecukupan dapat terpebuhi.
TIPS JIKA MEMBELI MANGGA
Jika membeli mangga bisa membeli yang baik,dengan warna hijau kekuning-kuningan,kulit licin,dan aroma yang manis.Hindarilah memilih buah terlalu keras,atau terlampau lembek,memar dan berbau fermentasi.

Semoga artikel tentang manfaat dari buah mangga untuk kesehatan bermanfaat besar bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The type of woman to be married in Islam

From Mugribin bin Syu'bah, he said: I once proposed a woman, then the Prophet S.a.w said: Look because, that will preserve the lo...