Jumat, 10 Agustus 2018

PUSAKO USANG DI ALAM KERINCI


Oleh:Agus Diar,

Setiap kejadian semua ingin selalu mempredeksi dari hasil kejadian tersebut,begitu juga malah sebaliknya setiap kita pasti ingin mengetahui sisi dari balik sejarah leluhur pada masa dulu,dengan cara memahi dari apa-apa saja dari sebagian sejarah-sejarah yang ditinggalkan buat anak- anak cucunya dimasa sekarang.Dengan upaya penggalian observasi secara merata penulis ingin mengembangkan sebuah kebudayaan yang berupa mantra-mantra pusako usang dimasa lampau.Dalam bahasa dan pusako artinya sebuah peninggalan lama,sedangkan usang merupakan zaman,masa dan lamanya zaman sehingga dapat didifenisikan dengan arti Pusako Usang.
Dialam Kerinci mempunyai toritorial wilayah yang sangatbidentik dengan hal yang demikian tentang peninggalan-peninggalan dari masa peradaban berupa Pusako Usang,peningglan ini bisa saja berupa benda-benda seperti Keris,kain,rambut,rantai sekilan,atau kemenyan kayu,mantra-mantra dan lain-lain yang ada kaitannya dengan hal dalam kajian pusako usang di alam Kerinci.Setiap kejadian semua ingin selalu mempredeksi dari hasil kejadian tersebut,begitu juga malah sebaliknya setiap kita pasti ingin mengetahui sisi dari balik sejarah leluhur pada masa dulu,dengan cara memahi dari apa-apa saja dari sebagian sejarah-sejarah yang ditinggalkan buat anak- anak cucunya dimasa sekarang.
Dengan upaya penggalian observasi secara merata penulis ingin mengembangkan sebuah kebudayaan yang berupa mantra-mantra pusako usang dimasa lampau.Dalam bahasa dan pusako artinya sebuah peninggalan lama,sedangkan usang merupakan zaman,masa dan lamanya zaman sehingga dapat didifenisikan dengan arti Pusako Usang.
Menurut dari sebagian ahli sejarah yang pernah meneliti dialam Kerinci dengan radio karbon Uluk Kozok yang meneliti tentang aksara tua di Tanjung Tanah atau tentang peneliti lain Break Hexball tentang manusia prasejarah,lalu bagaimana dengan benda-benda kuno berupa pusaka yang belum kita ketahui secara lazim abad keberapa munculnya dan siapa yang mempunyai benda-benda keramat tersebut.Inilah suatu kajian yang menimbulkan prediksi yang baru yang bisa timbul dari sebab kekeliuran,yang identintik dengan peninggalan-peninggalan berharga berupa pusako usang .Pusako usang merupakan peninggalan yang tak kala unik dan menariknya sehingga di abadikan pada suatu wilayah di alam Kerinci dengan adanya kenduri sko.Pusako usang sko inilah tidak ditentukan tahun dan abad keberapa dalam tatanan sejarah di Kabupaten Kerinci,sehingga rumit untuk dikaji sebagian sejarah dalam satu retorika wilayah dalam daerah Kabupaten Kerinci,Jambi.Maka dalam suatu penelitian tentang pengembangan sejarah perlu di bantu oleh para-para pakar ahli sejarah yang mempunyai kualitas yang begitu identik dari sejarah yang terletak dalam wilayah"segepal tanah surga kerinci".
Misalnya kalau kajian pusako usang mengenai makhluk-makhluk yang hidup dimasa lalu pada alam yang berupa harimau bunian pada umpanya,ini tentu menjadi suatu tolak ukur sejarah pada abad ke beberapa hewan jenis harimau hidup di alam Kerinci,binatang atau hewan harimau pada masyarakat Kerinci,merupakan tradisi yang masih dipercayai oleh sebagian masyarakat tentang adanya harimau bunian dari alam nagari pasamah yang sering muncul jika nagari itu dalam keadaan gentir atau kacau.Menurut tolak ukur apakah ini juga merupakan salah satu pusako usang peninggalan dari nenek moyang buat anak dan keturunan mereka.Atau hanya sebagai suatu legenda mtithos belaka.
Penulis mengulas hingga tuntas tentang pusako usang di alam Kerinci,bukan saja benda-benda sko itu saja bahkan ada hewan bunian sejenis harimau dan lain-lain yang terdapat di gemah ripah keindahan alam Kerinci Propinsi Jambi,untuk diteliti dengan sebaik-baik mungkin agar tidak terjadi kesimpang siuran dalam ulasan pusako usang di alam Kerinci.
Kesimpulannya dalam menalaah lebih dalam tentang pusako usang(pusako lamo)atau cerita dari tuo dahien lamo,yang sangat erat dengan suatu kisah cerita kaidah-kaidah sejarah yang berada di alam Kerinci untuk bisa dijadikan suatu naungan dalam payung sejarah dan kebudayaan yang memiliki sinerki sejarah yang lebih menonjol dalam kaitannya dengan cerita alam dengan pusako usang(pusako lamo).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...