Senin, 06 Agustus 2018

Sejarah Ringkas Letusan Gunung Kerinci|Agus Diar TV


SEJARAH RINGKAS LETUSAN 
GUNUNG KERINCI
Gunung Kerinci merupakan Gunung tertinggi di Sumatera berada dikawasan seluas 400x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau masuk dalam kawasan taman nasional Kerinci Sebelat(TNKS)seluas 1.484.650 hektar yang terletak di provinsi Jambi,Sebagian tanam nasional terletak diwiliyah Jambi,Gunung Kerinci ini terhimpit diantara dua pegunungan di barat dan timurnya kerucut yang paling muda.Gunung dan kawah Gunung ini terletak ditimurnya.Kerucut yang paling muda gundul dari kawasan Gunung ini terletak ditimur laut sisa dinding Bukit Barisan yang memanjang dari utara keselatan Pulau Sumatera.
Gunung ini termasuk Gunung tertinggi di Indonesia diluar pegunungan Irian Jaya.Disebelah timur terdapat Danau Bento,rawa yang berair jernih di Sumatera.Dibelakang nya terdapat Gunung Tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh.Ditengah taman terdapat celah lembah Kota Sumatera Barat,Kota Solo dan Kota Sungai Penuh,perkebunan Kopi Danau Kerinci,Gunung Kerinc termasuk Gunung Api yang Masih Aktif,dengan ketinggian Gunung 3.805 mdpl(meter/permukaan laut).

ANALISIS POTENSI BENCANA
Gunung Kerinci terletak di Kabupaten Kerinci,Jambi,Indonesia,kota yang terletak di Kota Sungai Penuh,Kota Sumatera Barat dan Kota Solok,Gunung Kerinci mempunyai rawan bencana.Gunung Kerinci meletus pertama kali pada tahun 1838 dikawah pusat. pada tahun 1999 Juni-juli dan 2002(Agustus) dan 2009 terjadi letusan abu tipis disekitar puncak.
Peta bahasan Gunung Kerinci dibagi atas dua bagian yaitu:
a.Daerah Bahaya satu 
Daerah ini kemungkinan dapat terlanda langsung oleh material letusan seperti awan panas,letusan lava,jatuhan batu pijar dan hujan dan hujan lebat.Daerah yang masuk daerha ini kebetulan tidak ada perkampungan yang mencakup seluas kira-kira 165.7 kilometer dan bahaya lontaran radius 5 kilometer dari kawah,daerah ini terpengaruh langsung oleh hujan batu pijar dan hujan lebat.
b.Derah Bahaya II
Daerah bahaya II daerah sepanjang  lembah sungai yang berhulu dari puncak.Daerah ini dapat terlanda aliran lahar bila hujan setelah letusan atau setelah banyak nya endavan vulkanik disekitar Gunung Api,sungai-sungai yang termasuk wilayah ini adalah Sungai Berangir,Sungai Air Putih dan Sungai Timbulun kebarat laut,Siulak deras kekanan,Sungai Kering dan Kersik Tuo alirannya menuju Selatan Tenggara.[Ad, Dari segala sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiga pembalap tercepat TDS(tour de singkarak)2019 Kerinci

Kerinci ,Pembalap tercepat TDS fokus untuk mempertahankan jersey tersebut. Bagaimanapun jenis dakian tanjakan, saya akan berupaya sem...