Langsung ke konten utama

TAHAPAN MANAJEMEN PERENCANAAN PELAKSANAAN PROYEK

Oleh: Agus Diar,

Pelaksanaan proyek pembangunan dapat berjalan dengan baik diperlukan Consulthant perencana yang bagus dalam menghasilkan setiap detail perencanaan  misalnya gambar kontrak yang jelas tanpa adanya pertentangan dan perbedaan gambar rencana dengan kondisi di lapangan.
Selain itu dalam hal spesifikasi  juga dijelaskan  dengan detail agar tidak terjadinya hambatan dalam pemilihan matetial pekerjaan proyek yang berlangsung.
Saat pelaksanaan pembangunan berlangsung pihak Consulthan perencana membuat jadwal pertemuan rutin dengan kontraktor untuk membahas  hal-hal yang berkenaan dengan kinerja kerja prosedur proyek.
Hal-hal yang dibahas misalnya tentang material,perbedaan gambar rencana sehingga perubahan tersebut berhubungan dengan proyek yang sedang di kerjakan.
Wewenang Consulthan perencana adalah:
1.Mempertahankan desain dalam hal adanya pihak-pihak pelaksana yang melaksanakan pekerjaan tidak sesuai dengan rencana.
2.Menentukan warana jenis material dalam pelaksanaan kerja bangunan proyek.


Masalah lain misalnya perbedaan gambar rencana dengan kondisi exsisting lapangan sehingga kontraktor membuat gambar perubahan yang memerlukan kerjasama dan hubungan yang baik antara Consulthan pelaksanan dan Kontraktor.

MANAJEMEN PELAKSANAAN
Fase pelaksanaan manajemen melibatkan setiap kegiatan dan tugas yang tercantum dalam rencana proyek.Sementara kegiatan dan tugas-tugas serangkian proses manajemen dilakukan untuk memantau dan mengontrol kiriman menjadi output proyek.Meliputi identifikasi perubahan resiko isu-isu REVIEW kualitas dan pengukuran setiap penyampaian penerimaan.Setelah semua kiriman akhir proyek siap untuk penutupan.

MANAJEMEN PENUTUPAN PROYEK
Penutupan melibatkan dan melepaskan kiriman akhir dari pengerjaan kepada pelanggan,menyerahkan dokumentasi proyek,mengakhiri kontrak pemasok,melepaskan sumber daya proyek kepada seluruh pemangku kepentingan,langkah terakhir yang tersiksa adalah melakukan ulasan pelaksanaan pos ukur,mengukur keberhasilan keseluruhan proyek-proyek.Penjelasan rinci dari masing-masing template tentang cara untuk menyelesaikan proyek.

a.Menunjuk tim proyek
Pada titik inj ruang lingkup proyek telah didefinisikan secara rinci dan tim proyek siap melakukan pengerjaan secara rinci meskipun manajer proyek dapat diangkat sebelum menentukan keterangan kerja rinnci peran proyek sumber daya manusia untuk setiap peran yang dilakukannya.
b.Melakukan Study kelayakan
Pada setiap tahap selama setelah pengembangan kelayakan formal dapat ditugaskan tujuannya adalah menilai kemungkinan diuraikan dalam bisnis kasus manajemen.
Study kelayakan juga akan wajar dalam solusinya dalam mencapai masalah kemungkinan yang dihadapi.
c.Menatapkan kerangka acuan
Setelah solusi tersebut telah disetujui dan dana yang di alokasikan proyek telah terbentuk.Ketentuan OEFERENCE mendefinisikan lingkup penglihatan tujuan dan kiriman proyek.
MENGEMBANGKAN KASUS BISNIS
Setelah masalah bisnis atau peluang identipikasi  kasus bisnis meliputi:
a.Solusi yang disarankan dan rencana inflementasi generik.Businiss disetujui oleh sponsor.
Manajemen proyek dana yang dibutuhkan di alokasikan untuk kemajuan proyek tersebut 
b.Definisi rinci tentang masalah atau peluang.
c.Analisis pilihan solusi pontensial yang tersedia dalam setiap  manfaat potensi biaya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…