Senin, 13 Agustus 2018

TIPS PENGAWASAN PROYEK


Oleh: Agus Diar,

Pengawasan adalah proses pemantauan,penilaian dan pelaporan rencana atas percapaian tujuan yang telah ditetapkan untuk tindakan konektif guna untuk tindakan lebih lanjut pengawas hanya sebatas memberikan saran sedang tindak lanjut pengerjaan dilaksanakan oleh para pekerja dilapangan baik secara borongan maupun harian pada lapangan suatu perencanaan dan pengawasan proyek.
Pengawasan adalah usaha sistematik untuk menetapkan standar pelaksanaan pada sebuah proyek atau TENDER dengan tujuan perencanaan merancang sistem informasi dan kegiatan nyata yang ditetapkan sebelumnya.
Pengawasan dapat didefinisikan sebagai sebuah proses untuk menjamin bahwa tujuan-tujuan pengawasan tercapai dengan baik sesuai dengan hasil perencanaan
Pengawasan merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh data yang akurat dalam kinerja keproyekkan yang semula.Kegiatan pengawasan pada dasarnya membandingkan kondisi yang ada dengan seharusnya yang terjadi.
Tahap pertama dalam pengawasn adalah:
Pelaksanaan ketetapan standar mutu dalam pengawasan dan perencanaan,standar merupakan kriteria-kriteria untuk mengukur pelaksanaan kegiatan dalam pelaksanaan proyek didasarkan pada Rancangan Anggaran Biaya(RAB).Setelah frekuensi pengukuran dilakukan dan sistem motoring ditentukan pelaksanaan standar pengawasan agar tahap kritis pengawasan dapat menjadi suatu perbandingan dengan pelaksanaan nyata dengan apa yang akan direncanakan pada standar pengawasan yang telah ditetapkan.
Adapun bagian pengawasan dan perencanaan yang ditetapkan digambarkan sebagai berikut:

1.Pengukuran pelaksanaan pengawasan dan kegiatan nyata di lapangan.
2.Pengambilan standar pelaksanaan pengawasan.
3.Pengambilan tindakan/koreksi berupa fhoto dan rancangan anngaran biaya(RAB).
4.Penentuan pengukuran proyek.
5.Penetapan standar pelaksanaan pengawasan.

Ciri-ciri Pengawasan sebagai berikut:

a.Pengawasan langsung dilakukan sendiri secara berkala oleh pengawas CV,PT atau Badan Milik Negara(BUMN).
b.Pengawasan tidak langsung adalah pengawasan jarak jauh artinya dengan melalui laporan kepada  Manejer atau Direktur CV,PT dan sebagainya.
3.Pengawasan yang dikhususkan berupa kesalahan-kesalahan yang luar biasa dari hasil TENDER standar poyek yang di harapkan.

Pengawasan dari Pemantauan dan evakuasi kerja dalam sebuah ruang lingkup proyek yang berupa TENDER dan pengawasan ini biasanya dilakukan oleh Direktur atan Manajer dalam ruang kerja proyek.
Perencanaan dan pengawasan proyek yang efisien dapat dilakukan dengan penyediaan yang efektif dari kegiatan pekerjaan yang akan dilaksanakan mengawasi sebuah proyek diserahkan pada orang yang mengawasi proyek yang dilaksanakan.
Menurut pembedaan mendasar antara kegiatan proyek dengan kegiatan yang berupa operasional yaitu kegiatan operasi yang didasarkan pada konsep tender proyek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Story of Love

RE-REVIEW LOVING CUSTOMS IN DISCUSSION RETORICS  Writing about the introduction of this rhetoric of love, is one of the thoughts, exp...