Langsung ke konten utama

Tips Penyusunan Disertasi akhir Strata 3,Tips dari saya|Agus Diar TV


TIPS PENYUSUNAN DISERTASI 
S3(TIGA).
Disertasi adalah merupakan karya ilmiah yang disusun oleh seorang mahasiswa/i sebagai salah satu syarat kelengkapan untuk memperoleh gelar doctor(S3)sebagai karya ilmiah yang disusun berdasarkan methodologi penelitian pada fakultas dan jurusan masing-masing.
Topik disertasi harus berkenaan dengan jurusan tujuan penulisan adalah:
a.Membuktikan bahwa mahasiwa/i yang bersangkutan memiliki pemahaman tentang jurusan  yang digelutinya baik dalam aspek nilai yang mendasari, norma-norma eksis,realitasempiris muncul dan realitas empiris yang muncul pada masyarakat.

b.Membuktikan bahwa mahasiswa/i yang bersangkutan,dapat menjabarkan jurusan yang ia geluti tersebut secara logis, sistematis dan methedologis.

c.Membuktikan bahwa mahasiswa/i yang bersangkutan mampu menganalisis data,membuat kesimpulan dan rekomendasi atas hasil penelitiannya.

d.Membuktikan bahwa mahasiswa/i yang bersangkutan menguasai dan mampu menerapkan,jurusan yang mereka geluti berkenaan dengan masalah yang sedang diteliti dan menemukan jalan pemecahannya.
FORMAT PENULISAN DISERTASI
A.Proposal penelitian
Proposal penelitian untuk disertasi terdiri dari tiga bagian yaitu bagian awal,bagian utama, dan bagian akhir.
Jumlah halaman proposal penelitian untuk disertasi 
ditentukan antara 25-30 halaman.
1.Bagian awal terdiri dari :
A.1 Bagian awal terdiri dari
-Halaman judul
Halaman ini membuat nama lembaga ,lambang universitas,maksud usulan,nama dan nomor mahasiswa/i serta nama program study,nama tempat/kota dan waktu pengajuan usulan penelitian.

-Halaman Persetujuan
Halaman ini membuat persetujuan promotor,ko-promotor lengkap dengan tanda tangan dan tanggal persetujuan.
A.2 Bagian utama terdiri dari
b.Latar Belakang Masalah
Latar belakang masalah mengandung penjelasan tentang keiginan tahuan peneliti,terhadap sesuatu kebenaran dari berbagai aspek ilmu,atau pentingnya masalah yang dihadapi untuk dipecahkan diyakini bahwa kebenaran baru atau pun pemecahan masalah tersebut selama ini belum terjawab dan hanya akan terjawab melalui penelitian yang akan dilakukannya.

c.Perumusan Masalah
Perumusan masalah merupakan kristalisasi dari uraian dari urutan pada latar belakang masalah dan mencerminkan ruang lingkup dari penelitian,lazimnya masalah yang akan di teliti tersebut dirumuskan dalam kalimat tanya.

d.Tujuan Penelitian
Penelitian berisi uraian yang mengambarkan arah dan capaian (Goal)yang ingin dicapai melalui penelitian.
Isinya bukan sekedar menjawab permasalahan saja,
melainkan juga menggambarkan kontribusi ilmiah 
yang dapat diberikan terhadapa perkembangan ilmu pada jurusan baik pada tatanan teoritis maupun praktis.

e.Keaslian Penelitian
Berisi uraian yang menggambarkan perkembangan dari penelitian terdahulu untuk topik serupa atau yang 
terdapat relasi denga topik yang diteliti.
Uraian,harus menggambarkan bahwa penelitian yang akan dilakukan itu berbeda sekaligus merupakan penelitian baru asli(orisinal)sehingga hasilnya dapat melengkapi penelitian terdahulu.

f.Kegunaan Penelitian
Penelitian secara garis besar harus dapat ditunjukkan kegunaan hasil penelitian itu untuk dua hal yaitu:
1.Pengembangan ilmu pada jurusan
2.Untuk kemaslahatan kehidupan manusia.

g.Tinjauan Pustaka
Menguraikan secara sistematis mengenai azas hukum para pakar dengan hasil penelitian terdahulu yang ada kaitannya dengan hasil penelitian yang sedang dilakukan hasil atau kajian tinjauan pustaka dikemukakan secara letiris dan sistimatis sehingga membentuk pola pikir tertentu yang mengarah pada terbentuknya teori baru,dengan kata lain tinjauan pustaka merupakan upaya melakukan teorisasi.Pola pikir inilah yang nantinya menganilisis permasalahan-permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya.Dari kajian pustaka hendaknya diambil yang aslinya.
h.Kerangka Teori
Landasan kerangka teori,berisi pilihan terhadap satu beberapa teori secara argumentatif dipandang cocok untuk digunakan sebagai analisis untuk menjawab pertanyaan permasalahan yang dirumuskan.
Tidak tertutup kemungkinan,teori yang telah ada diterima dan digunakan secara utuh,namun dapat juga di modifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti.
Segala pilihan tersebut harus disertai dengan argument ilmiah..Hipotesis,Hipotesis merupakan jawaban atau kesimpulan sementara,hipotesis dirumuskan berdasarkan pola pikir yang diperoleh melalui analisis yang berdasarkan  teori yang dipilih.Fungsi hipotesis adalah memberikan arah sesuai dengan tujuan penelitian.Kualitas disertasi tidak ditentukan oleh terbukti atau tidaknya suatu hipotesis artinya tidal mesti harus terbukti sama dengan kesimpulan akhir setelah dilakukan penelitian.[Ad, dari segala sumber].

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan dan khasiat buah kabau

KANDUGAN KABAU
Foddweninsit kabau : 100 gram
Bagian kabau yang dapat dikonsumsi(food edible) : 100 %
-Energi Kabau : 199 Kkl
-Protein.          : 6,4 gr
-Lemak.           : 1,1 gr
-Karbihidrat.   : 41gr
-Vitamin A.     : 0 IU
-Vitamin C.     : 0 mg
-Kalsium.        : 40 gr
-Fosfor.           : 108 mg
-Zat Besi.        : 1,8 mg
-Vitamin B.     : 0,03 mg




Kabau adalah sejenia buah petai dan jenkol kabau berupa bentuk buahnya yang lonjong,berbentuk seperti kacang polong,namun jika dibelah kulitnya berjejer beberapa buah,berkulit hitam dan berdaging hijau didalamnya,biasanya tanaman ini hidup didaerah hutan Sumatera dan Jawa.
Buah ini berbau tidak sedap seperti petai dan jengkol inilah yang menjadikan kabau dengan nama lain julang jaling tentu tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia,namun kebanyakan orang suka lalap ini dikarenakan bau menyengat,buah ini berbau tajam dan mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

KHASIAT BUAH KABAU
-Mengatasi sembelit(susah buang air …

ADAT SEBENARNYA ADAT,ADAT YANG DI ADATKAN,ADAT NAN TERADAT,ADAT ISTIADAT DI ALAM KERINCI

"Tulisan yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai seluk-beluk Adat sebenarnya,Adat yang di Adatkan,Adat yang ter Adat,dan Adat Istiadat di daerah Kerinci,Provinsi Jambi,yang belum banyak dipublikasikan,dengan harapan dapat bermanfaat,bagi pelestarian Adat dan Kebudayaan di Kabupaten Kerinci." Kabupaten Kerinci Berada di Provinsi Jambi mempunyai kebudayaan adat yang sangat kompoten di setiap daerah-daerahnya yang ada dengan berlandas dan bertumpu pada"Adat Bersandi Syarak,Syarak Bersendi Kitabullah","Syarak mangato Adat iyo Mamakai".Kerinci,Jambi berjarak 450 kilometer perjalanan dari  Kota Jambi dengan jarak tempuhnya sekitar 7 sampai delapan jam dengan menggunakan transportasi roda empat baik milik pribadi atau transportasi travel yang disewakan,perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dengan jalannya sudah teramat bagus dan ketika sampai pada Gerbang Kabupaten Kerinci kita akan dapat melihat tulisan pada gerpang gapura dengan  tulisan"Selamat Dat…

TRAVEL CAHAYA KERINCI TERJUN KEJURANG|Agus Diar TV

Proses evakuasi Travel cahaya Kerinci




TRAVEL CAHAYA KERINCI MENGALAMI KECELAKAAN DAN TERJUN KEJURANG

Segala hal atas nama musibah tentu saja tidak kita inginkan dan kita undang kali ini musibah terjadi menimpa Travel cahaya Kerinci yang beralokasi dilahan panjang,kira-kira jm 02 dinihari 08/11/08.Travel Cahaya Kerinci mengalami oleng dan terjun kejurang dengan kondisi mobil travel yang memprihatinkan.Dari data yang didapat belum diketahui,jumlah dan penumpang pada Travel  Cahaya Kerinci. Sungguh kejadian memilukan bagi transportasi yang berada di Kerinci.Toh barangkali supir terlali lelah dalam mengemudikan Travel transportasi Cahaya Kerinci.Dengan kejadian ini pula mengingatkan pada semua sopir-sopir,agar mengemudikan kendaraan hendaknya berhati-hati.Agar kejadian yang menimpa Travel Cahaya Kerinci bisa menjadi contoh buat transportasi lainnya.Kejadian ini pula bukan hal yang disengaja,memang tiap-tiap musibah yang datang menimpa kita tidak mengetahui kapan dan dimana tempat dan wakt…