Rabu, 29 Agustus 2018

Tips sehat Manfaat buah kalengkeng untuk kecantikan dan awet muda

Buah kalengkeng sudah cukup sangat dikenal dan disukai diseluruh Indonesia,tinggi pohon kalengkeng bisa mencapai 10/meter atau lebih.Buahnya yang berwarna cokelat kekuningan dan kasar ini disebut"Euphoria Longana".
Rasa buah ini manis dan menyegarkan karena rasanya itu,buah yang kecil ini bisa membuat ketagihan,tak heran banyak orang yang menyajikan buah ini sebagai hidangan pencuci mulut atau dikosumsi sebagai cemilan saat mengobrol dan nonton televisi.
Buah kecil berbentuk bulat yang berasal dari daratan China ini merupakan keluarga dari buah rambutan dan leci.Dalam bahasa mandarin kalengkeng disebut "Ong Ya Guo" atau"Long Yan" yang berarti mata naga.Sementara di Indonesia sendiri buah ini populer dengan sebutan"Mata Kucing".Julukannya seperti itu karena buah kalengkeng mirip bola mata.Daging buahnya berbentuk bulat,berwarna putih,bening,dan mengandung banyak air sehingga bisa dibuat jus.Ditengah buah terdapat biji yang berwarna hitam atau cokelat tua.

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH KALENGKENG 
Buah kalengkeng ini ternyata banyak sekali manfaatnya bagi tubuh,kandungan yang terdapat dalam buah ini adalah :
a.Zat besi
b.Magnesium
c.fosfor
d.Potassium
e.Tiamin
f.Kalsium
g.serat
h.Protein
i.Lemak
j.suktiosa
k.fruktosa
l.glukosa
m.Protein
n.Lemak
o.Vitamin A,vitamin B dan vitamin C.
p.Asam tertarik dan senyawa kimia tumbuhan(fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan.

Fruktosa merupakan kadar gula dalam buah.Gula ini baik untuk tubuh karena menjaga kadar gula dalam darah.Sedangkan glukosa termasuk gula yang tak baik kombinasi senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat antara lain,mengendurkan syaraf.Buah ini memberikan rasa tenang berkhasiat mengatasi rasa gelisah,susah tidur dan sulit berkosentrasi.Tak heran orang menyebutnya kalengkeng sebagai salah satu obat pengusir gelisah yang alami.Jika rasa gelisah mulai mendera anda tanpa sebab anda tak perlu mencari obat penenang.Mengkonsumsi obat kimia terlalu banyak tak baik untuk tubuh.Yang alami jauh lebih aman.
Selain itu daging buah kalengkeng juga bermanfaat menyehatkan jantung dan mengobati jantung yang berdebar keras.Buah kalengkeng juga dapat memperkuat limpa,meningkatkan produksi darah merah,menambah nafsu makan dan menambah tenaga.Karena itu,buah ini sangat baik dikosumsi oleh orang-orang yang sedang proses pemulihan stamina setelah sakit.Karena buah kalengkeng juga mengandung serat,buah ini berguna pula untuk menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan ,melancarkan proses buang air kecil dan besar,mengatasi penyakit cacingan,menyehatkan mata,mengobati sakit kepala,keputihan dan hernia.

Kalengkeng sangat baik untuk menentukan kebutuhan alergi bagi wanita hamil yang lemah setelah melahirkan.Bila dimakan dalam kondisi segar juga mengurangi demam,memakan buah ini secara teratur dapat menambah nafsu makan,mencegah anemia dan pemutihan rambut secara dini.
Namun jika memakan buah mengkonsumsi buah kalengkeng terlalu banyak akan membuat tubuh panas karena kelebihan energi,dan batasi untuk memakannya.

Biji Kalengkeng juga mengandung zat yang berguna untuk pigmen dan asam amino,biji kalengkeng dimanfaatkan untuk shampo,seperti halnya lemak dan manfaat ini diperoleh berkat kandungan saponinya,yakni zat yang larut dalam air dengan membentuk larutan mirip sabun.Biji kalengkeng mengandung zat yang berguna untuk pigmen dan asam amino rasa kulit warnanya kecut agak manis,dengan sifat hangat astrigen.
Zat tersebut dapat menyebabkan pengerutan jaringan sehingga dapat mengurangi sekresi.Lebih sering dimanfaatkan sebagai obat luar untuk merawat kulit.
Buah kalengkeng juga menjadi tonik atau minuman yang menguatkan,sehingga orang yang baru sembuh dari sakit dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini.

UNTUK KECANTIKAN KULIT PADA WANITA
Sementara untuk kecantikan buah kalengkeng mengandung vitamin C(anti oksidan) untuk menangkal radikal bebas.
Radikal bebas mampu merusak kecantikan kulit menurut"Dr.Samuel"kandungan air buah kalengkeng mampu menjaga kelenturan kulit.


Itulah manfaat dari buah pohon kalengkeng semoga bisa menambah wawasan untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The type of woman to be married in Islam

From Mugribin bin Syu'bah, he said: I once proposed a woman, then the Prophet S.a.w said: Look because, that will preserve the lo...