Selasa, 25 September 2018

6 KESALAHAN DALAM SHALAT DAN PEMBETULANNYA


KESALAHA-KESALAHAN DALAM SHALAT DAN CARA PEMBETULANNYA
Assalamu'alaikum wr.wb bagi kaum muslimin dan muslimat baik yang laki-laki maupun yang perempuan yang berakil baligh dan perempuan yang mulai mengeluarkan darah kotor(haids)yang telah diwajibkan untuk melaksanakan perintah shalat.
Disini penulis ingin mengulas dan memaparkan beberapa kesalahan dalam shalat dan cara pembetulannya.

Kesalahan Shalat melafalkan niat seperti Nawaitu an ushalliya azh-zuhra Rakaatin fii Jamaatin Adaan lillahhita'ala(saya berniat mengerjakan shalat zhuhur empat rakaat berjamaah karena Allah Ta:ala).
Pembetulan(yang benar) :Niat tempatnya didalam hati dan tidak haris dilafalkan.Syaikul Islam Ahmad Ibnu Taimaiyah memiliki penjelasan yang cukup baik mengenai kesalahan yang dibahasnya secara panjang lebar dalam sebuah karya buku.Diantaranya disampaikan mengenai kesalahan shalat adalah pelafalan niat merupakan bentuk kekurangan pada akal dan agama bahkan hal tersebut termasuk perbuataan bid'ah yng buruk(Majmuk Al-Fatawa XXII/227-258.

Kesalahan menganggap sepele perbuatan tidak mengisi tempat yang lowong atau tidak menyempurnakan shaf(barisan)didepan,terutama dikedua tepinya.
Cara yang benar.: Memberi perhatian untuk mengisi barisan kosong dan menyempurnakan barisan depan termasuk kedua tepinya.

Kesalahan dalam shalat menjulurkan kedua tangan dalam shalat dengan memposisikan keduanya berdempetan dengan kedua sisi tubuh atau sedikit dari keduanya serta meletakkan diatas dada.
Benarnya : Yang sunat dilakukan adalah meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri diatas dada.

Kesalahan mengangkat kedua belah tangan takbiratur ihram yang memperlihatkan seakan dia menganggap sepele,tidak peduli dan kurang perhatian dalam mengagungkan Allah swt,serta kurang khusyu'.Ada sebagian yang mengerjakan shalat mengangkat kedua tangannya hanya sebatas pusarnya saja,bahkan ada juga yang dibawah itu.
Yang Benar: Yang sunat yang dikerjakan saat mengangkat kedua tangan ketika takbirahtur ihram adalah mensejajarkan kedua tangan dengan kedua telinga atau kedua belah bahu.

Kesalahan adalah sebagian mengerjakan shalat dengan membaca Al-Fataihah dan surat Alqur'an dalam hati saja tanpa menggerakkan lidahnya.Hal ini serupa dilakukan dalam zikir -zikir ruku',bangkit dari ruku',sujud,dan sebagainya.
Yang benar : Membaca Alfatihah dan Surat Al-Qur'an dalam shalat,sesorang harus melafalkan dengan mengerjakan lidah supaya dia sendiri mendengar bacaan tersebut,begitu pula saat mengucapkan zikir-zikir kala ruku'bangkit dari ruku',sujud dan sebagainya.

Kesalahan(salah) :Menghadapnya sebagian orang mengerjakan shalat di Masjidil Haram kearah Ka'bah  dan bukan ke Ka'bah itu sendiri.
Yang Benar : Setiap orang mengerjakan shalat didalam Masjidil Haram harus menghadap kebagunan Ka'bah karena hal itu merupakan salah satu syarat sah shalat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Social and cultural geographic background of socially

SOCIAL AND CULTURAL GEOGRAPHIC BACKGROUND OF SOCIALLY    Kerinci Regency which is also called Sakti Alam Kerinci is a plateau ...