Rabu, 05 September 2018

Buah nanas serta manfaatnya

Namun hingga kini belum banyak masyarakat menyadari khasiat dan manfaat buah nanas bagi kesehatan,dibalik buah nanas yang lezat ini,bahkan tak jarang buah bersisik ini sebagai penyebab keputihan padahal tidak demikian adanya.Buah nanas serat dan antioksidan fitokimia yang memiliki khasiat mengatasi :
-Penuaan dini
-Wasir(Ambeien)
-Kanker
-Serangan jantung dan
-Penghalang stress



BERIKUT BEBERAPA MANFAAT DARI BUAH NANAS
Buah nanas jika kita mengkonsumsinya hendaknya terlebih dahulu dicuci,setelah buah nanas tersebut kita kupas cara penyuciannya dengan air hangat agar rasa gatal dari buah nanas tersebut lenyap.
Buah nanas sebagai sumber antioksidan salah satu jenis buah bromeliacea,buah nanas mengandung vitamin C dan vitamin A(retinol)yang masing-masing sebesar 24,0 miligram dan 39 miligram dalam setiap 100 gram bahan.Kedua vitamin diatas sudah lama dikenal memiliki aktifitas sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai macam jenis penyakit,termasuk KANKER,Jantung koroner,dan penuaan dini.

Aktifitas antioksidan yang diperankan vitamin C dan A mampu menghambat laju oksidasi melekuler target,yang pada gilirannya dapat menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh yang diyakini sebagai penyebab berbagai penyakit.
Setiap hari sel-sel tubuh terkena kerusakan oksidatif DNA yang menjadi pusat informasi genetika dapat menjadi contoh setiap hari tak kurang 10.000 pukulan oksidatif.

Tubuh manusia amat rentan terhadap pengaruh radikal bebas yang bersumber dari sinar ultra violet,asap knalpot mobil,asap knalpot motor dan juga bahan pengawet makanan.Radikal bebas suatu melekul atau atom yang amat tidak stabil karena memiliki electron tak berpasangan berbahaya bagi kesehatan karena amat relatif mencari pasangan electronnya.

Hasil penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kandungan senyawa fenolik antara lain myrecetin,qurcitin,trimine dan perulic acid buah nanas mampu meredam reaksi berantai radikal bebas dalam tubuh,yang ada akhirnya dapat menekan terjadinya penyakit KANKER.Berbagai antioksidan alami ini diyakini amat ampuh menghentikan radikal bebas sehingga tak berkeliaran mencari asam lemah tak jenuh dalam sel tubuh.

Bromelin yang secara alami ada dalam BUAH NANAS diyakini dapat mempercepat yaitu :
-Penyembuhan luka
-Operasi
-Serta Pembengkakan nyeri sendi
Bagi penderita wasir(ambeien)dianjurkan mengkonsumsi buah nanas 4-5 kali setiap hari,karena bromelinnya dapat menghentikan PENDARAHAN dan serat yang dikandung dapat memperlancar buang air besar.

MENCEGAH STRESS
WEN AND WROL STAD jurusan ILMU TECLKNOLOGI PANGAN,OREGON STATE UNIVERCITY(2002)memberikan laporan bahwa sari buah nanas memiliki kandungan ;
-Seritonin 1,7 miligram,3,15 miligram/100 gram.

Serotonin selain berperan mencegah KANKER,juga dapat menghilangkan stress sebab secara filoginetik adala: Suan neurotran smiter primitif yang berperan dalam menghubungkan makanan dan otak.

N/B
Ibu hamil jangan mengkonsumsi nanas karena dapat menimbulkan efek negatif keguguran dan juga para penderita rematik agar tidak mengkonsumsi buah nanas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiga pembalap tercepat TDS(tour de singkarak)2019 Kerinci

Kerinci ,Pembalap tercepat TDS fokus untuk mempertahankan jersey tersebut. Bagaimanapun jenis dakian tanjakan, saya akan berupaya sem...