Senin, 03 September 2018

Cara menanggulangi kolestrol tinggi

Pada tahun 1912 melalui pengamatan yang pertama kali tentang penyumbatan dalam pembuluh darah koroner jantung yang dilakukan oleh DR.James Herrick dari Chicago menemukan bahwa tumpukan darah koroner jantung yang dilakukan oleh DR.James Herrick dari Chicago menemukan oksigen kejaringan jantung sehingga menyebabkan kematian.

Kolestrol merupakan suatu zat lemak(spenol)yang sangat jenuh(poly sanrated fat),merupakan zat lilin dan agak keras,yang berwarna putih kekunig-kuningan,kebanyakan ditemukan dalam lemak hewani.

FUNGSI KOLESTROL
-Diperlukan terutama pembentukan darah
-Sebagai pembentuk dinding sel
-Sebagai bahan dasar pembentukan vitamin D dikulit dengan bantuan sinar matahari
-Disalurkan kekelenjar bawah otak dan kekelenjar adrenalin
-Disalurkan kedalam empedu untuk pembentukan asam empedu guna membantu pencernaan makanan dan lemak
-Pembentukan hormon sex dan fungsi lainnya yang belum diketahui.

Kolestrol dapat disentasa oleh semua kolestrol jaringan tubuh,terutama dalam jaringan otak,empedu,selaput,pelindung urat saraf(karena merupakan unsur yang penting pada lapisan myelin-lemak yang menutupi urat sayaraf-sebagai bahan isolasi alamiah)ginjal,kelenjar,anak ginjal dan lain-lain.

ADA BEBERAPA KEMUNGKINAN PENYEBAB TERJADINYA PENYAKIT JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH
-Makanan berkolestrol tinggi
-Kegemukan
-Bentuk tubuh,jenis kelamin,umur dan faktor keturunan
-Penyakit yang terakait seperti hipertensi,kadar lemak tinggi dan diabetes
-Pil kontrasepsi

PENCEGAHAN
Menurut Prof.DR.Jean Mayer tentang kolestrol"Apabila melebihi 200 mg/100 m,haruslah berhati-hati terhadap jumlah telur yang dimakan.Dalam 1 minggu tidak boleh menyantap dari 2 butir kuning telur.Anak kecil diatas umur 14 tahun juga harus berangsur-angsur mengurangi makan telur.Sebab banyak orang pada masa remaja umur 12-22 tahun sudah terjangkit penyakit pembuluh nadi.

Menurut penelitian 80% tentara Amerika gugur dalam perang Vietnam ditemukan gejala pembuluh darah yang sangat parah.

Jadi kunci utama ketahuilah kadar kolestrol serum pada darah kita,jika kolestrol darah tinggi,maka alihkan makanan hewani yang berkolestrol tinggi menjadi makanan yang berkolestrol tinggi menjadi makanan nabati dengan membatasi konsumsi dan lemak dalam susu.Cara telur dan lemak dalam susu menentukan kadar kolestrol tream.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sastra Lisan Kerinci

  SASTRA LISAN DI KERINCI Berdasarkan faktor geografis-Nya Kerinci adalah daerah yang strategis, bentuknya yang seperti kuali yang dat...