Sabtu, 22 September 2018

TIGA POIN PENTING DALAM MENULIS BUKU


BAGAIMANA CARA MENGAWALI PENULISAN
Bagi responden yang ingin menciptakan sebuah karya dari sebuah karangan buku tentu saja membutuhkan hal-hal yang terbaik dari sebuah karya dalam rangkaian penulisan sebuah buku dengan cara dan kiat-kiat yang baik yang perlu responden ketahui dan pahami.
Pertama : Harus menentukan sebuah judul yang akan ditulis.Dalam penulisan buku harus sesuai dengan alur sebuah karya dalam penulisan yaitu :
Judul Buku :.......
Pengarang(Nama responden sebagai pengarang):........
Editor Responden :.......
Layout :......
Cover :.......

ISBN :........
Edisi :.........

Alamat Responden atau tempat percetakan sebuah karya dalam penulisan Contoh :
Jln Depati Parbp
Pancuran Tiga(Tanjung Pauh Mudik/Kerinci.
Telpon/Fak Responden :......

Kemudian Kata Pengantar :
Contoh kata pengantar :
Segala puji bagi Allah,Tuhan semesta alam,Shalat meeupakan salah satu ajaran islam yang utama,dimana shalat memiliki fungsi,yang baik baik yang bersifat vertikal maupun yang bersifat horizontal.Shalat bukan saja sebagai sarana untuk komunikasi dengan sang pencipta.Namun dibalik shalat ternyata memiliki keajaiban yang luar biasa bagi kesehatan.

Dampak yang ditimbulkan oleh Ibadah shalat sangat positif bagi kesehatan jasmani,rohani serta bagi kehidupan sosial.Ajaran-ajaran shalat dan do'a-do'a yang dibaca ketika shalat mampu memberikan keberkahan dalam diri seseorang.
Secara fisik yang menjalankan ibadah shalat akan senantiasa bugar dan tidak mudah terserang penyakit.Sedangkan secara ruhani,shalat yang khususu' mampu merubah pikiran yang jernih,otak yang semakin cerdas,dan hati tenang.Shalat mampu menumbuhkan kecerdasan dan intelektua,spritual,maupun emosional.Demikian pula dalam kehidupan sosial,seseorang yang berhasil dalam shaltnya akan memiliki kepekaan dan santun terhadap manusia.Sehingga hidupnya mulia dihadapan Tuhan dan manusia.

Buku ini mengulas tuntas tentang shalat dan keajaibannya.Sebuah buku yang layak dimiliki oleh setiap muslim mendambakan hidayah,berkah dan rahmat dari Allah swt,selamat membaca.

Pancuran Tiga,September 2018
Nama pengarang :.......
itulah contoh kata pengantar sebuah karya tulis buku.

BAGAIMANA CARA MENCARI DATA DAN IDE UNTUK MENULIS
Data dan ide dalam penulisan sebuah karya haruslah responden  dapatkan dari sebuah penelitian yang ditargetkan,sesuai dengan kombinasi judul buku yang akan dikarang,menjadi sebuah karya yang dinamis.
Dalam penulisan sebuah karya dan ide responden dalam menulis buku tentu saja harus ada mempunyai DAFTAR ISI agar mudah bagi para responden-responsen untuk membaca sebuah karya yang diterbitkan.
Mempunyai BAB 1- BAB 10 misalnya dan cantumkan halaman sub judul dan judul dalam penulisan buku.
Mempunyai Data DAFTAR PUSTAKA 
dalam penulisan,yang biasanya dalam penulisan terletak di akhir halaman dengan menjelaskan beberapa judul-judul buku yang diterbitkan sesuaibdengan nama pengarang dan tahun penulisan dan penerbitan buku.
Akhir penulan sebuah buku dilampirkan pula tentang biodata penulis buku.

KAYA DENGAN MENULIS
Bagaimana kalau responden ingin mengetahui dalam sebuah kekayaan yang tersimpan dalam penulisan buku?
Terutam harus mempunyai suatu gagasan dan ide yang ideologis dalam penulisan sebuah karya tulis dengan memadukan penulisan sesuai dengan judul dan sub judul dalam buku yang dituliskan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sastra Lisan Kerinci

  SASTRA LISAN DI KERINCI Berdasarkan faktor geografis-Nya Kerinci adalah daerah yang strategis, bentuknya yang seperti kuali yang dat...